Wow, SMK Muhammadiyah 1 Sirampog Ujian Sekolah Pake Android

MUHAMMADIYAHGOODNEWS.ID, Brebes – Sekarang zaman berkembang pesat. Dari budaya analog menuju budaya digital pergerakkannya sangatlah cepat. Salah satunya, perkembangan di ranah teknologi informasi, dimana semakin banyak pengunaan smartphone dalam aktivitas berkomunikasi. Nah, hal ini tentunya menjadi alasan SMK Muhammadiyah 1 Sirampog, Kabupaten Brebes, melakukan terobosan di bidang teknologi pendidikan. Pihak sekolah, melaksanakan penilaian akhir semesester (PAS) dengan menggunakan smartphone berbasis android.

“Tahun ini ujian akhir semester atau yang sekarang disebut dengan penilaian akhir semester tidak lagi menggunakan kertas dan pensil. Tetapi menggunakan ponsel berbasis android yang dimiliki siswa. Kami menamakannya PAS berbasis android,” kata Yogi Ananto, Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Sirampog, Selasa, 4 Desember 2018.

Menurutnya, ujian berbasis android ini tidak berbeda dengan ujian konvensional lainnya. Bedanya, hanya pada media yang digunakan untuk mengerjakan soal. Dalam mengerjakan soal, siswa terlebih dahulu harus terhubung dengan server sekolah. Kemudian mengisi username dan pasword, selanjutnya siswa bakal mendapatkan kode token untuk memperoleh soal. Setelah soal muncul, siswa tinggal mengklik jawaban.

“Cara ini lebih efektif dan efisien, tidak perlu kertas dan pensil. Guru juga dipermudah karena tidak perlu lagi megoreksi lembar jawab,” katanya.

Ananto juga menjelaskan bahwa sistem ulangan ini menjamin siswa mengerjakan soal ulangan yang secara otomatis akan mengacak soal. “Jadi setiap siswa satu bangku sekolah soalnya tidak sama kemudian setiap kelas juga ada seorang pengawas,” katanya.

Bagi siswa yang tidak memiliki ponsel Android, sekolah telah mengantisipasinya dengan menyiapkan puluhan unit komputer agar memudahkan siswa dalam mengikuti ujian. Tercatat dari 343 siswa ada 268 yang mengikuti ujian dengan ponsel Android sisanya 75 siswa yang menggunakan komputer.

Firman, siswa kelas XI Jurusan Teknik Sepeda Motor mengaku seneng banget karena pengerjaan soal ujian lebih mudah, sebab tidak menggunakan banyak kertas; cukup pakai ponsel saja.

Sumber: muhammadiyah.or.id