Kader Muhammadiyah Milenial Harus Tahu Apa Itu Teknologi

Untuk mengetahui arti sebuah kata, coba akrabkanlah diri Kamu dengan kamus, dalam bahasa apa saja. Nah, di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), misalnya, kata “teknologi” tercatat memiliki dua arti.

  • Teknologi berarti “metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis; ilmu pengetahuan terapan.”
  • Teknologi adalah “keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.”

Tapi, kalau Kamu mau memahami arti suatu kata lebih dalam, telusurilah arti kata yang Kamu maksud itu dari akarnya. Kata teknologi, misalnya, bukan kata yang asli Indonesia, melainkan kata serapan dari bahasa asing.

  • Kata teknologi merupakan gabungan dari dua suku kata dalam bahasa Yunani: techne atau techton dan logos.
  • Kata techton atau techne berarti “keterampilan”, sedangkan kata logos berarti “ilmu”.
  • Jadi, arti sederhana dari gabungan kedua suku kata tersebut (teknologi) adalah ilmu tentang keterampilan.

Adapun dari dua arti teknologi yang tercatat pada KBBI, dapat disimpulkan bahwa:

  • Teknologi adalah produk sains dalam bentuk barang-barang, benda-benda, atau alat-alat yang berhasil dibuat oleh manusia untuk memudahkan realisasi hidupnya di dalam dunia.

Nah, Kamu jangan lagi terjebak pada anggapan bahwa teknologi itu selalu yang berhubungan dengan mesin, seperti komputer, hand phone, robot, dan jenis-jenis mesin lainnya. Sebab, wujud teknologi tidak hanya dalam bentuk mesin.

Lantas, sejak kapan teknologi itu muncul di dunia?

  • Tentu saja sejak Allah menciptakan dan mengutus makhluk berakal pertama di dunia.
  • Setiap zaman memiliki jenis teknologinya masing-masing, sesuai dengan tingkat kerumitan permasalahan yang dihadapi oleh manusia.

Jadi, sekali lagi, teknologi adalah suatu alat yang diciptakan oleh manusia dan untuk kembali digunakan oleh manusia. Adapun inspirasi terciptanya suatu jenis teknologi, biasanya berasal dari bentuk tubuh hewan, seperti pesawat terbang karena terinspirasi oleh bentuk capung atau burung.

Kamu perlu tahu juga, kalau pada mulanya…

  • Teknologi hanya bersifat kebendaan yang berhubungan dengan tugas eksploitasi, serta pengolahan sumber daya alam berupa materi dan energi.
  • Beberapa benda teknologi pada periode awal kehidupan manusia adalah berupa kapak, tombak, panah, dan peralatan lain yang mulanya bersifat manual dan berbahan baku dari kayu serta batu.

Sementara sekarang, jenis teknologi membentang dalam semua aspek kehidupan dan penghidupan manusia.

Berikut beberapa rinciannya:

  • Teknologi eksploitasi meliputi peralatan berburu, menangkap ikan, memetik, bertani, beternak, berbudidaya, menambang, dan menyadap energi.
  • Teknologi pengolahan meliputi merebus, melebur bahan, memanggang, fermentasi, dan mengkonversi energi.
  • Teknologi transportasi meliputi menjinakkan hewan liar, membuat rakit, perahu, kapal, mobil, pesawat udara, jalan, dan jembatan.
  • Teknologi kenyamanan meliputi membuat pakaian, pagar perabot rumah, tungku, pemanas, meramu obat-obatan.
  • Teknologi peningkatan potensi manusia meliputi alat pembuat peralatan berburu, pembuat peralatan bertani, pembuat peralatan menangkap ikan, dan pembuat alat pertahanan diri.

Sebagai catatan, sekalipun dari zaman ke zaman teknologi itu memiliki bentuk dan cara kerjanya sendiri, tapi tetap saja sebagian dari teknologi merupakan satu produk yang bertransformasi dari satu bentuk ke bentuk lain.

  • Teknologi untuk berburu (seperti panah) dan menangkap ikan (seperti tombak) dari yang semula berbahan baku dari kayu dan batu serta bersifat manual, kini sudah banyak panah dan tombak yang berbahan baku dari logam sejenis baja, besi, timah, dan tembaga yang cara mengoprasikannya sudah bersifat otomatis.
  • Teknologi membajak sawah juga mengalami transformasi, salah satunya dari sepasang kerbau ke mesin traktor.
  • Begitu juga teknologi menanak nasi, dulu berupa tungku dan kayu bakar di mana menyalakan api dengan cara mengadukan dua buah batu hingga menghasilkan percikan api, sampai tercipta teknologi bernama korek api. Tungku kembali bertrasformasi ke wujud kompor berbahan bakar minyak tanah yang dinyalakan dengan korek api. Karena pasokan minyak tanah semakin menipis, kompor minyak bertransformasi ke kompor gas, di mana korek api tidak begitu dibutuhkan lagi, sebab kompor bisa menyala hanya dengan memutar tombol penyala api pada bagian kompor. Lagi-lagi, teknologi memasak bertrasformasi ke wujud teknologi bertenaga listrik, mulai dari kompor hingga alat menanak nasi—rice cooker.
  • Sementara teknologi transportasi darat, dari sepeda bertransformasi ke kendaraan bermotor.
Loah Design

Sungguh masih banyak jenis teknologi yang terus-menerus mengalami transformasi dari satu bentuk ke bentuk lain. Tapi, paling tidak, sebagai muslimah, Kamu mesti mengenal lebih jauh jenis teknologi apa saja yang paling akrab dengan Kamu. Misalnya, teknologi yang berhubungan dengan kehidupan seputar dapur, tentu saja sesuatu yang tidak boleh Kamu lewatkan.

Selain itu, biasanya, sebagian dari Kamu lupa menyediakan jenis teknologi yang kecil dan sepele di rumah Kamu, seperti jarum jahit dan benangnya. Padahal, sebelum tercipta pabrik-pabrik pembuat berbagai jenis pakaian, jarum jahit dan benang memiliki peranan penting di tengah kehidupan ibu yang merawat anak-anaknya.