Mungkin Kamu pernah membaca kalimat seperti ini: “Hidup ini sudah sulit, karena itu janganlah dipersulit!” Atau dalam redaksi lain, “Hidup ini susah, kenapa ditambah susah?”

Ya, sepanjang ada jalan untuk mempermudah laju kehidupan, kenapa masih saja berlagak menempuh jalur yang sulit?! Allah saja tidak suka mempersulit hamba-Nya yang sedang kesulitan, kenapa kita tidak mencontoh dari kemurahan Allah tersebut?

Contoh dari kemurahan Allah, di antaranya…

  • Bagi yang tidak bisa berdiri karena sakit, Allah mempersilahkan hambanya untuk mendirikan shalat dalam posisi duduk.
  • Bagi yang tidak mampu mendirikan shalat dalam posisi duduk, Allah perbolehkan hambanya untuk mendirikan shalat dengan posisi terlentang atau berbaring.

Berlaku juga dalam ibadah puasa, Allah memberi kemudahan…

  • Bagi yang sakit atau dalam perjalanan, jika memaksakan berpuasa malah menambah sulit kehidupannya, maka Allah persilahkan baginya untuk berbuka, dengan catatan mesti diganti di hari yang lain.
  • Bagi yang berbuka pada bulan puasa, sementara pada bulan-bulan selanjutnya juga tidak mampu mengganti puasanya karena sakit dan sebab lain, Allah memperbolehkan baginya untuk mengganti puasanya dengan membayar fidyah.
BACA JUGA:   Jadi Kader Muhammadiyah Milenial? Kuasailah Teknologi
Loah Design

Sementara untuk urusan dunia, jauh-jauh hari Rasulullah mengisyaratkan, bahwa “kalian lebih mengetahui urusan dunia kalian”. Dalam hal ini, teknologi adalah salah satu dari urusan dunia itu. Masih ingatkah Kamu, kalau teknologi adalah benda atau alat ciptaan manusia, serta untuk digunakan oleh manusia, dengan tujuan demi membantu kelancaran laju kehidupan manusia?

  • Ketika Kamu mendengar kata “lancar”, itu tidak selalu sama artinya dengan kata “mudah”, begitu juga sebaliknya.
  • Tapi, dengan teknologi, selama prosedur penggunaannya dijalankan secara tepat, yakinlah bahwa aktivitas yang sedang atau akan Kamu lakukan pasti berjalan dengan lancar dan lebih mudah.

Kongkritnya, misalnya dalam dunia pendidikan, Kamu akan merasakan proses belajar-mengajar yang lebih praktis, efektif, dan efisien dengan bantuan teknologi sejenis laptop atau komputer, speaker, microphone, serta LCD proyektor. Bandingkan saja dengan proses belajang-mengajar yang masih menggunakan fasilitas kapur atau spidol, papan tulis, dan penghapusnya.

Dengan perangkat teknologi digital, selain seorang guru atau dosen tidak perlu repot-repot menulis-menghapus sambil berlumuran bubuk kapur atau noda tinta spidol, juga dapat menyajikan materi yang lebih luas, vareatif, dan mengasyikkan bagi para siswa atau mahasiswa.

BACA JUGA:   Kader Muhammadiyah Milenial Perlu Tahu! Inilah Cara Manfaatkan Teknologi

Dengan perangkat teknologi digital juga, selain dapat menyajikan materi dalam bentuk teks, guru atau dosen juga dapat menyajikan materi dalam bentuk gambar dan film yang lebih detil, sehingga aktivitas belajar peserta didik menjadi tidak membosankan.

Ya, fasilitas teknologi digital dapat menutupi keterbatasan pengajar yang kurang lihai menggambar, sebab gambar dapat dicari di mana saja.

Perlu diketahui juga, pada titik tertentu, berkat teknologi digital, proses pembelajaran berbagai ilmu pengetahuan juga menjadi lebih murah. Kamu cukup masuk ke jaringan internet, lalu mengetik beberapa kata kunci mengenai sesuatu yang hendak dicari, Kamu akan menemukan beragam jawaban dari berbagai sumber.

Tentu saja, jika Kamu bersikukuh menolak teknologi digital, berarti Kamu bersikukuh mempersulit diri, sebab untuk mempelajari suatu bidang keilmuan, Kamu perlu berangkat ke toko buku atau perpustakaan. Selain membutuhkan banyak waktu, Kamu juga mesti mengeluarkan lebih banyak tenaga dan uang, seperti untuk biaya transportasi dan untuk menebus harga buku.

Tentu, teknologi digital bukan hanya bermanfaat besar bagi dunia pendidikan. Dengan teknologi digital pula, aktivitas perdagangan Kamu dapat berjalan dengan lebih lancar dan mudah. Perhatikanlah beberapa keunggulan berjualan di ranah online ketimbang berjualan di pasar atau di tempat lain:

  • Kamu dapat menjangkau pasar yang sangat luas, sebab pengakses internet tidak dibatasi oleh tempat dan waktu.
  • Kamu dapat mengeluarkan biaya produksi lebih sedikit, karena tidak lagi memerlukan kantor cabang distribusi untuk pengembangan perusahaan, yang berarti juga Kamu tidak perlu merekrut karyawan lebih banyak.
  • Dengan biaya produksi yang murah, Kamu juga dapat mempertimbangkan untuk memasang harga lebih murah, sehingga dapat bersaing dengan pengusaha lain.
  • Proses transasksi jual-beli online dalam jumlah banyak dapat berjalan lebih cepat dan mudah, sebab untuk melakukan pembayaran, konsumen tidak perlu menyerahkan pecahan uang tunai, melainkan cukup melakukan transfer melalui fasilitas internet banking.
  • Kamu telah mempermudah proses belanja konsumen, sebab sebelum belanja, mereka dapat membanding-bandingkan dulu harga barang antara satu penjual dan penjual lain di internet, juga dengan tidak berangkat ke toko untuk membeli barang berarti konsumen telah menghemat waktu dan biaya.