Tingkatkan Ekonomi Warga, Kawasan Kumuh Disulap Mahasiswa UMM Jadi Kampung Wisata

BATU – Untuk meningkatkan perekenomian warga, perkampungan kumuh di bantaran Sungai Brantas disulap menjadi kampung wisata hijau bernuansa dinosaurus oleh Mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Sebelumnya, mereka sukses menyulap Kampung Warna-warni Jodipan (KWJ), kini giliran Dusun Krajan Sae, Desa Beji, Kecamatan Junrejo, Kota Batu disulap menjadi lebih eksotik. Dengan inovasi dan kreasi mereka, diharapkan dapat meningkatkan perekonomian warga sekitar.

Sherly Amalia Arif, Ketua Kelompok Praktikum Public Relations (PR) ‘Prospero’ mengatakan, pengambilan tema kampung hijau bernuansa sarang dinosaurus lantaran Desa Beji lokasinya bedekatan dengan Jawa Timur Park 3.

“Objek wisata ini memiliki wahana Dino Park dan bunga Matahari warna kuning, sehingga kontras Kampung Hijau,” ungkapnya.

Selain itu, kompetisi yang digawangi oleh Kelompok Paraktikum PR Ilmu Komuniskasi UMM ini juga menggelar pelatihan bagi warga sebagai bekal menghidupkan kampung wisata.

“Selain kompetisi mural dan pelatihan membuat tempe, ada pembekalan pengetahuan untuk menyambut tamu sebagai persiapan menjadi kampung wisata. Ada juga kegiatan menciptakan lagu jingle Kampung Tempe Beji,“ tambahnya

Untuk kompetisi mural sendiri digelar mulai 11 sampai 13 Januari, diikuti sebanyak 10 kelompok. Berasal dari berbagai daerah, termasuk diantaranya Lamongan, Surabaya, Mojokerto, Surabaya, Semarang, Jombang dan Malang Raya.

“Tema yang diangkat yakni seputar purbakala, dinosaurus, dan bunga matahari. Untuk para pemenang, panitia menentukan 3 peringkat juara. Juara Pertama dengan hadiah Rp 2 juta, juara 2 Rp 1,5 juta dan juara 3 berhak meraih Rp 1 juta. Hadiah diberikan bersamaan dengan peluncuran Kampung Hijau.” Urai Sherly.

Kegiatan tersebut terselengara atas kerjasama antara Prodi Ilmu Komunikasi UMM, Produsen Cat PT. Indana, dan Jatim Park Group. Sementara, Kampung Hijau yang telah disulap oleh Mahasiswa UMM ini recananya akan dilaunching pada 24 Februari 2019.