Tumbuhkan Spirit Kepanduan, SMP Muhammadiyah 8 Bandung Gelar Kemah Bakti 2019

BANDUNG – SMP Muhammadiyah 8 Bandung yang beralamat di Jl. Kadipaten Raya No.4-6 Antapani Bandung sedang melaksanakan kegiatan kemah Bakti Hizbul Wathan di Pine Forest Camp Cibodas Lembang.┬áKegiatan ini┬ádiikuti oleh kelas 7 dan 8, yang dilaksanakan pada hari Kamis – Jumat tanggal 24 – 25 Januari 2019.

Pada kegiatan ini juga dihadiri oleh ketua Hizbul Wathan Kota Bandung Ramanda Ucin. Beliau sangat mengapresiasi kegiatan kemah bakti yang dilaksanakan oleh SMP Muhammadiyah 8 Bandung.

“Banyak pengalaman dan hikmah yang baru dari kegiatan ini, seperti tentang kemandirian, tanggung jawab dan amanah.” ujarnya.

Sedangkan, menurut Sarah, peserta Kemah Bakti, bahwa kegiatan ini sangat seru dan rame. Sarah bertanggung jawab terhadap anggotanya yang terdiri dari 10 siswa untuk mengatur aktivitas di tenda dan diluar sehingga bisa berjalan dengan baik.

Secara umum kegiatan berjalan dengan rencana yang sudah ditentukan, pada materi pertama setelah tiba dilokasi yaitu materi tentang bahaya binatang liar di hutan. Pada materi ini siswa diajarkan untuk menaklukkan seekor ular yang besar. Rafi, Reza dan Titis berhasil menangkap ular tersebut dengan tanpa melukai dan dilukai.

Sore Harinya anak – anak diajarkan tentang materi kekompakan dalam tim dengan cara berjalan di atas bambu dengan bantuan teman – temanya. Pada hari ke dua siswa diajak untuk mengexplore hutan Pine Flores sampai berenang di kolam.

Walaupun kegiatanya sangat padat tapi tidak melalaikan untuk melaksanakan sholat berjamaah tepat waktu. semuanya melaksanakan sholat wajib dan Sholat Jumat di lapangan dengan khusu.

Kegiatan Kemah Bakti Hizbul Wathan tahun ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan rasa tanggung Jawab dan kemandirian dalam setiap siswa. Terlihat dalam tema yang diusung yaitu “lepaskan Ragu, Lepaskan bimbang, ragu dan bimbang lebih baik pulang.”

Panitia pelaksana berharap, kegiatan Kemah ini bisa menumbuhkan kepribadian shaleh seperti Jendral Sudirman.

“Semoga dengan kegiatan ini siswa- siswi SMP Muhammadiyah 8 Bandung bisa terwujud kepribadian yang soleh seperti shalehnya sang Jendral Sudirman.” tegasnya.