Biarkanlah Bila Anda Jadi Sasaran Dengki

Jika Anda tidak menyakiti tetapi tiba-tiba orang membenci, yakinlah bahwa Anda memang memiliki keunggulan dan prestasi, sehingga pantas menjadi sasaran dengki. Tidak ada dengki berlabuh pada orang-orang yang minim prestasi.

Jika Anda berbuat benar tetapi selalu dihadapkan pada tantangan, yakinlah bahwa Anda memang calon pemimpin masa depan. Tidak pernah lahir pemimpin harapan tanpa duri-duri kehidupan sebagai wujud geladi bersih kedewasaan.

Jika Anda sudah rajin belajar tetapi kerap kesulitan, yakinlah bahwa Anda memang calon ilmuwan, sehingga dipaksa untuk menajamkan pikiran. Ilmuwan bidang apa pun pasti terus mengulang-ulang setiap pelajaran meski melelahkan.

Pendengki yang tidak berani secara terus terang berhadapan dengan kita biasanya akan menyebarkan gosip-gosip negatif tentang kita dari belakang yang tujuannya tidak lain adalah untuk menjatuhkan nama baik kita di mata orang.

Cara menyikapinya adalah biarkan kabar burung itu menggema. Kemudian setelah terang benar siapa sebenarnya sumber berita, segera saja proses biang masalah itu ke ranah hukum biar jadi pelajaran buat dia dan yang lainnya.
_____