Hujan Tidak Hujan, Payung Harus Tetap Dibawa

Kemarin hujan, sekarang pagi-pagi mendung, besok nggak tahu. Kadang kalau cuaca sering berubah-ubah tak tentu, saya jadi malas jalan kaki. Ini juga terjadi beberapa minggu ini di Kota Bandung. Hujan. Kadang susah diprediksi. Kadang sesuai prediksi. Bahkan, cuaca tahun ini keluar dari prediksi musim dalam kalender.

Musim hujan dan kemarau pun keluar dari jadwal kalender. Lantas apa kaitannya dengan hidup kita?

Bagi saya, persoalan musim hujan dan kemarau ialah persoalan prediksi. Sebagai manusia, kita hanya mampu memprediksi apa yang akan terjadi dengan membaca gejala alam. Tetapi, tepat atau tidak tepatnya prediksi tentunya diserahkan kepada sang pencipta alam raya, Allah Swt. Ketika langit dipenuhi awan tebal hitam, dulu berlaku pepatah, “mendung pertanda akan turun hujan”.

Namun kini, berlaku pepatah “tak selamanya mendung pertanda akan turun hujan”. Ini mengindikasikan tugas kita sebagai manusia hanya merencanakan dan yang menentukan hanyalah Tuhan.

Perjalanan hidup juga begitu. Kadang kita memprediksi kesuksesan akan diraih pada usia demikian, tapi pada kenyataannya tak kunjung sukses. Kita sudah sedemikian lelah berusaha tetapi masih juga susah menggapai kesuksesan. Usaha yang kita jalankan tidak menghasilkan omzet besar. Target penjualan tidak terpenuhi sesuai rencana. Dan, ada sesuatu yang terus menghalangi jalan untuk mewujudkan impian kita meskipun telah membaca dan memahami gejala-gejala alam.

Saya pikir satu-satunya jalan untuk menyikapi hal seperti itu ialah meyakini bahwa dibalik semua rintangan itu ada peran Tuhan. Dia sedang memberi pelajaran hidup kepada kita untuk terus menjalani hidup. Yang jelas, jangan pernah membunuh harapan dalam diri kita. Sebab, dengan harapan itulah, kita tidak akan menjadi manusia putus asa. Kita akan terus bersemangat menjalani hidup ini meskipun kehidupan tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Selamat bersabar, tabah, dan tawakal. Inilah modal hidup di tengah realitas “mendung tidak berarti turun hujan”. Hujan dan tidak hujan, kita harus selalu membawa payung. Sebab, cuaca selalu tidak menentu. Artinya, sukses dan tidak sukses, kita harus selalu bekerja.