Warung Ta’awun Tingkatkan Derajat Perekonomian Muhammadiyah

Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Kuningan menggelar kegiatan Warung Makan Ta’awun di halaman Mesjid Agung Syi’arul Islam kabupaten Kuningan, Jum’at, 1 Maret 2019. Acara ini mengundang perhatian jama’ah Mesjid Agung Syi’arul Islam usai melakukan ibadah shalat Jum’at.

Kegiatan amal melalui warung ta’awun ini menghadirkan Ketua PP Pemuda Muhammadiyah Cak Nanto dan Ketua PW Pemuda Muhammadiyah Jawa Barat Iu Rusliana. Mengawali kegiatan warung ta’awun diberikan kesempatan kepada Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH, MH bersama Ketua PW Pemuda Muhammadiyah Jawa Barat untuk melayani masyarakat. Selain itu terlihat jajaran pengurus DKM Syi’arul Islam turut serta melayani ratusan masyarakat yang mengantri makanan yang disediakan Warung Makan Ta’awun Pemuda Muhammadiyah Kuningan.

BACA JUGA:   Netralitas Politik Muhammadiyah Pasca Khittah 1971 dan 2002

Ratusan masyarakat kabupaten Kuningan yang merupakan jama’ah  shalat Jum’at mengapresiasi kegiatan warung ta’awun tersebut. Mereka merasa senang dan bangga dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemuda Muhammadiyah Kuningan. Mereka tidak menduga mendapatkan makan siang secara gratis.

“Saya mengapresiasi kegiatan warung makan ta’awun Pemuda Muhammadiyah Kuningan. Sebagai masyarakat Kuningan saya merasa bangga dan senang dengan kegiatan ini. Yang saya tahu, ini adalah kegiatan pertama yang dilakukan oleh organisasi kepemudaan di Kuningan,” kata Asep Kamaludin selaku jama’ah sekaligus pengurus DKM Syi’arul Islam yang turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan warung makan ta’awun menyediakan 200 porsi makanan yang dibagikan kepada jama’ah shalat Jum’at. Makanan dan minuman yang tersedia di warung makan ta’awun merupakan hasil donasi dari warga persyarikatan Muhammadiyah dan kaum muslimin kabupaten Kuningan.

BACA JUGA:   4 Butir Sikap Pemuda Muhammadiyah Lawan Korupsi Sebagai Musuh Bersama

“Alhamdulillah jualannya laris. Dalam 30 menit 200 porsi makan langsung habis. Berbeda dengan event pertama yang dilaksanalkan di pasar baru Kuningan. Disana memakan waktu cukup lama,” tutur Sadam sapaan akrab Ketua Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Kuningan.

Dipenghujung acara Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kuningan Drs, Wahid TBK terlihat hadir menyapa dan menyalami para pelayan Warung Makan Ta’awun Pemuda Muhammadiyah Kuningan. Saat itu Bupati Kuningan, Ketua Pemuda Muhammadiyah Jawa Barat, Ketua Pemuda Muhammadiyah Kuningan, dan Pengurus DKM Syi’arul Islam masih lengkap mengenakan seragam khusus pelayan warung makan ta’awun.

BACA JUGA:   4 Cita-Cita Muhammadiyah Membangun Lembaga Pendidikan

Acara berakhir bertepatan dengan kedatangan Ketua PP Pemuda Muhammadiyah Sunanto. Kegiatan ini berjalan dengan lancar. Terlihat dari sajian warung makan ta’awun sudah kosong, tidak tersisa sedikitpun.

Cak Nanto panggilan akrab Ketua PP Pemuda Muhammadiyah mengatakan bahwa, “Kegiatan Warung Ta’awun ini merupakan Program Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah yang dilaksanakan di daerah-daerah seperti di Kabupaten Kuningan ini.”

“Konsepsi kegiatan warung ta’awun adalah untuk meningkatkan derajat kader-kader Muhammadiyah. Karena dalam konsepsi modern orang tidak bisa diberikan nasi tetapi bagaimana memberikan kail. Dimana hari-hari selanjutnya adalah produktif. Ada dakwahnya, ada nilainya, ada pula berbaginya,” tutup Cak Nanto.

Redaksi
MuhammadiyahGoodNews.id adalah media yang memuat kabar baik dari persyarikatan Muhammadiyah. Media ini juga menghadirkan artikel yang mencerahkan, berkemajuan, dan berperadaban.