Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya Gelar Gema Ramadhan tahun 1440H/ 2019

MuhammadiyahGoodNews.id | Tasikmalaya. Di landasi dengan QS. Al-Baqarah [2]: 185. Artinya “(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barangsiapa diantara kamu yang hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu. Dan barangsiapa yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Lembaga Studi Al-Islam dan Kehummadiyahan (LSAIK) Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya. Alfadl Habibie, M. Ag. Selaku Ketua Pelaksana serta beberapa elemen mahasiswa yang aktif menjadi bagian mengambil QS. Al-Baqarah [2]: 185 sebagai salah satu landasan untuk menyelenggarakan kegiatan Gema Ramadahan UMTAS 1440 H.

Di landasi dengan QS. Al-Baqarah [2]: 185. Artinya “(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barangsiapa diantara kamu yang hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu. Dan barangsiapa yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Lembaga Studi Al-Islam dan Kehummadiyahan (LSAIK) Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya. Alfadl Habibie, M. Ag. Selaku Ketua Pelaksana serta beberapa elemen mahasiswa yang aktif menjadi bagian mengambil QS. Al-Baqarah [2]: 185 sebagai salah satu landasan untuk menyelenggarakan kegiatan Gema Ramadahan UMTAS 1440 H.

Gema Ramadhan UMTAS 1440 H merupakan kegiatan yang diselenggarakan di Lingkungan Kampus Universitas Muhammdiyah, mengajak seluruh mahasiswa UMTAS atau elemen- elemen yang ada di UMTAS untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan dengan beberapa program yang tawarkan oleh Panitia Gema Ramadhan 1440 H yakni : Tawarih, Subuh dan Kuliah Subuh, Kajian Jelang Buka, Zakat Infaq Shadaqah, One Day One Juz, Pengajian Ramadhan, Santunan Faqir Miskin dan Anak Yatim, serta Perlombaan diantara (Kaligrafi Lukis, Kaligrafi Dekorasi, Tilawati Qur’an, Tahfidzul Qur’an, Membaca Puisi Islami, Menyanyi Lagu Pop Islami).

Kegiatan ini berlangsung dari mulai 5 Ramadhan 1440 H bertepatan 10 Mei 2019 sampai 23 Ramadhan 1440 H/28 Mei 2019. Ubad Badrudin, M. Pd. I, selaku ketua LSAIK UMTAS dan Dr. Ahmad Qonit AD, MA, Rektor Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya (UMTAS) merespon baik terhadap kegiatan ini, serta respon baik pula dari ortom (IMM, TS, HW) dan ORMAWA yang ada di lingkungan Kampus.

Di mulai tarawih yang di imami oleh dosen dan mahasiswa yang di pilih oleh panitia Gema Ramadhan UMTAS 1440 H di ikuti oleh penghuni asrama putra dan putri serta mahasiswa yang masih melakukan aktivitas belajar di lingkungan kampus, agar menambah wawasan tentang agama dan ilmu pengetahuan, pada pukul 17.00 WIB, Ortom (IMM, TS, HW) menginisiasi di adakannya kajian qobla Maghrib dengan pemateri di isi oleh ortom itu sendiri, serta kuliah subuhpun di isi oleh mahasiswa yang di pilih oleh panitia Gema Ramadhan UMTAS 1440 H.

Rosmiati mahasiswi S1 Keperawatan dan salahsatu panitia juga, mengatakan harapan pasca diselenggarakannya kegiatan ini, “semoga menjadikan kita sebagai hambaNya yang terus meningkatkan kadar keimanan dan ketaqwaan dengan cara-cara yang di contohkan Rosulluloh SAW seperti halnya yang dilakukan panitia Gema Ramadhan UMTAS 1440 H.” (Ari Awalu Romadon)