Kurban Menggembirakan Muhammadiyah Bareng Kelompok Difabel

Notification

×

Iklan

Iklan

Kurban Menggembirakan Muhammadiyah Bareng Kelompok Difabel

Jumat, 30 Juni 2023 | 16:00 WIB Last Updated 2023-06-30T09:00:38Z


SLEMAN
– Dalam rangka merayakan Hari Raya Iduladha 1444 Hijriah, Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyelenggarakan Kurban bersama kelompok Difabel pada Kamis (29/6/2023) bertempat di Farmhouse Kalijeruk, Ngemplak, Sleman.  


Ketua MPM PP Muhammadiyah, M. Nurul Yamin menuturkan bahwa agenda ini merupakan kolaborasi dengan kelompok difabel dampingan dari MPM dan melibatkan lebih dari 300 orang dari berbagai macam kelompok-kelompok difabel di Daerah Istimewa Yogyakarta. 


“Atas dasar itulah, MPM menyelenggarakan Kurban Bersama Difabel bekerjasama dengan para pihak sebagai bagian ikhtiar membangun kebersamaan secara spiritual, juga menumbuhkan solidaritas sosial dan berjamaah secara ekonomi,” tutur Yamin. 


Sebagaimana semangat yang dimiliki Muhammadiyah sejak awal, bahwa Agama Islam harus hadir untuk menggembirakan dan memajukan. Seperti yang dilakukan oleh MPM PP ini dengan menyelenggarakan kurban untuk menggembirakan kelompok difabel.


Selain itu, Yamin juga menambahkan bahwa agenda ini juga melibatkan banyak relawan dari berbagai komunitas seperti kelompok pendamping difabel dampingan MPM di DIY, mahasiswa Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta (UNISA), mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Taruna Tanggap Bencana (TAGANA), ICMI DIY, dan Bengkel Sapi. 


Adapun rangkaian acara yang dijalankan adalah pemotongan hewan kurban, yang kemudian didistribusikan ke lebih dari 300 penyandang difabel di DIY. Selain itu, acara ini juga diramaikan dengan outing dan Achievement Motivation Training (AMT) yang melibatkan anak-anak difabel. 


Ketua Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Bangun Akses Kemandirian (Bank) Difabel Ngaglik, Kuni Fatonah, sebagai kelompok dampingan MPM sekaligus salah satu mitra penyelenggara acara turut mengapresiasi telah dilibatkan dalam penyelenggaraan. 


“Tentunya ini menjadi bagian dari kerja-kerja kami bersama dengan MPM yang selalu senantiasa mendukung kami para kelompok difabel,” tutur Kuni. 


Kuni juga berharap, agenda ini dapat berkelanjutan dan kelompok difabel dapat terus dilibatkan untuk berkontribusi secara aktif seperti agenda yang berlangsung hari ini. ***