Pusat Tarjih UAD Bekali Kader Tarjih Kemampuan Public Speaking

Notification

×

Iklan

Iklan

Pusat Tarjih UAD Bekali Kader Tarjih Kemampuan Public Speaking

Rabu, 12 Juli 2023 | 16:03 WIB Last Updated 2023-07-12T09:03:55Z


YOGYAKARTA
— Pada Selasa (11/7/2023) di SM Tower dalam acara berjudul “Public Speaking untuk Kader Tarjih”, Rosa Kusuma Dewi Azhar, Kabag Media dan Komunikasi PP Muhammadiyah mengungkapkan serangkaian tips menjadi seorang pemandu acara yang profesional. 


Pelatihan ini penting mengingat seorang pemandu acara bertanggungjawab atas lancar atau tidaknya suatu kegiatan. Teh Oca menegaskan bahwa persiapan yang matang adalah kunci utama keberhasilan seorang pemandu acara. Hal ini meliputi menghafal nama-nama pembicara, mengenali dan beradaptasi dengan ruangan, serta memahami karakter audiens. 


Dalam penjelasannya, Teh Oca memberikan penekanan bahwa pemahaman terhadap seluruh aspek acara sangat penting agar rangkaian acara dapat berjalan dengan lancar dan memuaskan para audiens yang hadir.


Teh Oca menjelaskan bahwa seorang pemandu acara juga harus memiliki kepercayaan diri yang kuat. Hal ini bertujuan agar setiap acara yang dibawakan tidak memberikan tekanan berlebih pada pemandu acara.


Namun, persiapan saja tidaklah cukup. Keterampilan komunikasi yang efektif dan kemampuan untuk melibatkan audiens secara langsung juga merupakan aspek penting yang harus dimiliki oleh seorang pemandu acara. Hal ini bertujuan agar audiens tetap terhubung dengan acara yang diselenggarakan dan pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik.


Selain itu, Teh Oca menyoroti faktor-faktor penting lainnya dalam kegiatan seorang pemandu acara. Kemampuan membaca suasana, responsif terhadap perubahan situasi, dan pengelolaan waktu yang baik adalah elemen-elemen yang tidak boleh diabaikan. Kombinasi dari semua faktor ini akan membantu menciptakan pengalaman yang berkesan bagi para audiens.


Teh Oca berharap melalui pelatihan semacam ini, Pengajian Tarjih dapat menjangkau audiens yang lebih luas. Dengan membagikan pemikiran keagamaan Muhammadiyah, Teh Oca berharap dapat menyebarkan pesan Islam sebagai rahmat bagi seluruh semesta alam.


Acara “Public Speaking untuk Kader Tarjih” ini berhasil memberikan wawasan dan keterampilan yang berharga bagi para peserta. Diharapkan, peserta dapat mengaplikasikan tips dan pengetahuan yang didapatkan dalam perannya sebagai pemandu acara di berbagai kesempatan.


Dengan pengalaman berharga ini diharapkan dapat diimplementasikan secara nyata dalam rangka menyebarkan pesan-pesan kebaikan dan kebijaksanaan kepada masyarakat yang lebih luas. ***(mhmd)