Tingkatkan Kompetensi Guru PAUD Aisyiyah, Ikuti 4 Langkah Ini!

Notification

×

Iklan

Iklan

Tingkatkan Kompetensi Guru PAUD Aisyiyah, Ikuti 4 Langkah Ini!

Kamis, 06 Juli 2023 | 09:11 WIB Last Updated 2023-07-06T02:11:33Z


BANDUNG
— Dalam Gerakan Subuh Mengaji (GSM) Aisyiyah Jawa Barat, Senin (03/07/2023), Koordinator Divisi PAUD PWA Jawa Barat Nurul Fahimah mengungkapkan pentingnya meningkatkan kompetensi guru PAUD dalam mengasuh dan mendidik anak usia dini.


Untuk mencapai hal tersebut, seperti dikutip dari laman resmi Muhammadiyah pada Rabu (05/07/2023), Nurul Fahimah menyampaikan empat langkah yang perlu dilakukan oleh para guru PAUD Aisyiyah.


1. Pendidikan dan pelatihan (diklat)


Diklat menjadi salah satu langkah penting dalam meningkatkan kompetensi guru PAUD. Diklat ini akan memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam pengasuhan dan pendidikan anak usia dini.


Nurul Fathimah mengatakan bahwa diklat dapat diselenggarakan secara mandiri atau melalui program yang disediakan oleh pemerintah.


2. Workshop


Workshop juga menjadi sarana efektif dalam meningkatkan kompetensi guru PAUD. Melalui diskusi dan kerja praktek dalam kelompok, guru dapat saling membagikan pengetahuan dan pengalaman dalam bidang PAUD.


Workshop ini diharapkan dapat dilakukan secara berkesinambungan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam menghadapi tantangan di lapangan.


3. Komunitas belajar


Selanjutnya, komunitas belajar menjadi langkah ketiga yang disarankan oleh Nurul Fahimah. Pendidik dan tenaga kependidikan PAUD Aisyiyah perlu berkolaborasi dan belajar bersama secara terus-menerus.


Dengan membentuk komunitas belajar, guru-guru dapat saling mendukung dan memperbaiki kualitas pembelajaran sehingga berdampak positif pada hasil belajar peserta didik.


4. Karya inovasi


Terakhir, karya inovasi juga menjadi bagian penting dalam meningkatkan kompetensi guru PAUD. Guru-guru di PAUD Aisyiyah diharapkan dapat menghasilkan produk dan karya inovatif, seperti media pembelajaran, karya tulis, dan praktik baik lainnya.


Semua hal tersebut, ungkap Nurul Fathima, akan mendorong guru untuk terus berkreasi dan berinovasi dalam memberikan pembelajaran yang berkualitas.


Nurul Fathimah berharap empat hal tersebut dapat memotivasi dan memberikan inspirasi kepada para guru untuk terus mengembangkan diri dan meningkatkan kompetensi dalam mengasuh serta mendidik anak usia dini.


Dengan langkah-langkah yang disampaikan oleh Nurul Fahimah, diharapkan kualitas pendidikan PAUD Aisyiyah semakin meningkat dan memberikan dampak positif bagi peserta didik.***(FA)