Masa Depan Cerah, Dadang Kahmad: Mahasiswa Mesti Gemar Membaca!

Notification

×

Iklan

Iklan

Masa Depan Cerah, Dadang Kahmad: Mahasiswa Mesti Gemar Membaca!

Minggu, 24 September 2023 | 17:48 WIB Last Updated 2023-09-24T10:48:14Z


BANDUNG
— Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Dadang Kahmad, memberikan pesan-pesan penting kepada 1.700 mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah (UM) Bandung dalam acara PESONAMU pada Rabu (20/9/2023). 


Dalam sambutannya, ia mengingatkan para mahasiswa baru untuk bersyukur atas kesempatan kuliah di perguruan tinggi, mengingat tidak semua lulusan SMA beruntung melanjutkan pendidikan tinggi.


Dadang Kahmad juga menekankan pentingnya memanfaatkan kesempatan ini dengan serius dalam belajar. Ia berharap agar dalam empat tahun ke depan, mahasiswa UM Bandung bisa menjadi lulusan luar biasa, berkualitas, dan memiliki kompetensi yang membanggakan.


”Jangan menjadi lulusan yang biasa-biasa saja. Kalau jadi lulusan yang biasa-biasa saja, ya repot, zaman sekarang itu, tantangannya sudah sangat luar biasa. Saat ini banyak orang yang kesulitan mendapatkan pekerjaan dan susah mengembangkan profesi karena kemampuan mereka terbatas,” tutur Dadang


Dadang Kahmad mengajak mahasiswa untuk niatkan belajar dan kuliah sebagai ibadah kepada Allah SWT. Ia percaya bahwa segala hal yang diniatkan sebagai ibadah kepada Allah SWT akan mendapatkan pertolongan-Nya. Ia juga meyakinkan mahasiswa bahwa Allah akan membukakan pikiran, kecerdasan, dan memberikan rezeki untuk membiayai kuliah selama empat tahun.


Selain itu, Dadang menyampaikan pesan agar mahasiswa gemar membaca sebagai kunci kemajuan pikiran dan pengetahuan seseorang. Tanpa rajin dan banyak membaca, pengetahuan akan menjadi tidak berarti. Ia mengutip wahyu pertama yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, yang merupakan perintah untuk membaca. Ia berharap agar mahasiswa UM Bandung dapat gemar membaca buku.


”Buku adalah guru yang memberikan informasi kepada kita. Oleh karena itu, iqra (membaca) ini merupakan perintah Allah SWT yang wajib. Al-amru (bentuk perintah) dalam Al-Quran itu menunjukkan kepada hal yang hukumnya wajib,” tandas Dadang.


Dadang Kahmad mengajak mahasiswa untuk fokus pada belajar. Ia berpendapat bahwa saat ini sumber informasi sudah sangat banyak dan luar biasa. Menurutnya, guru dan dosen tidak perlu banyak memberikan informasi kepada murid, tetapi cukup memberikan mereka cara dan metode belajar. Ia menegaskan bahwa saat ini adalah era di mana usaha sendiri sangat diperlukan. Orang yang berusaha keras dan serius dalam kuliah akan meraih kesuksesan di masa depan.


Dengan pesan-pesan penting ini, Dadang Kahmad berharap agar mahasiswa UM Bandung mampu mengambil manfaat maksimal dari kesempatan berkuliah mereka dan menjadi generasi yang berkualitas serta kompeten.*** (MHMD)