Gerak Muhammadiyah Himpun Bantuan untuk Korban Gempa Turki-Suriah

Notification

×

Iklan

Iklan

Gerak Muhammadiyah Himpun Bantuan untuk Korban Gempa Turki-Suriah

Selasa, 07 Februari 2023 | 11:11 WIB Last Updated 2023-02-07T04:11:40Z


JAKARTA
– Dunia kembali berduka. Gempa bumi besar menghantam Turki dan Suriah dan dirasakan hingga ke negara-negara sekitarnya. Gempa pertama terjadi berkekuatan M 7,8 menghantam wilayah Gaziantep di tenggara Turki pada Senin (06/02/2023) pukul 04.17 pagi waktu setempat. 


Sementara itu, gempa kedua menghantam wilayah Kahramanmaras di sebelah tengah Turki dengan kekuatan M 7,5.


Akibatnya, lebih dari 3000 orang warga yang berada negera Turki dan Suriah meninggal dunia, sekitar 14.500 orang terluka dan 4.900 bangunan rata dengan tanah (Data Badan Penanggulangan Bencana dan Darurat Turki (AFAD) pada Senin malam. Angka ini diperkirakan akan bertambah seiring dengan pendataan yang terus berlangsung.


Kepedihan ini mendorong Muhammadiyah melalui Lazismu untuk bergerak membantu. Melalui program Muhammadiyah Aid, Lazismu bersama Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) akan mewadahi dan menyalurkan bantuan dari masyarakat Indonesia kepada saudara-saudara kita yang terdampak gempa bumi tersebut. 


Dengan semangat One Muhammadiyah One Response (OMOR), setiap elemen persyarikatan akan bahu membahu bergerak untuk memberikan yang terbaik.


Direktur Fundraising Lazismu Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Edi Muktiono menjelaskan, Lazismu PP Muhammadiyah bekerja sama dengan Kantor Layanan (KL) Lazismu Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Turki dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) yang berada di Ankara sedang melakukan identifikasi korban, khususnya Warga Negara Indonesia (WNI) yang terdampak di sana. Saat ini yang paling dibutuhkan oleh warga terdampak salah satunya adalah pakaian musim dingin atau selimut.


“Cuaca dingin di Turki saat ini mencapai puncaknya. Lazismu wajib membantu mereka untuk bisa bertahan hidup pada kondisi yang sangat dingin karena mereka membutuhkan bantuan seperti ‘family kit’ dan pakaian musim dingin. Dalam keadaan musim dingin mereka harus mengungsi ke tempat yang mungkin sangat minim perlengkapan penghangat badan,” terang Edi.


Edi pun mengajak seluruh masyarakat di Indonesia untuk membantu saudara-saudara kita yang tertimpa musibah di Turki melalui Lazismu. “Lazismu PP Muhammadiyah mengajak kepada seluruh masyarakat yang ingin membantu warga Turki yang saat ini sedang tertimpa musibah gempa bumi. Silakan menyalurkan bantuannya melalui Lazismu PP Muhammadiyah. Perkembangan selanjutnya akan terus kita laporkan,” ajaknya.


Terakhir, Edi berdoa agar mereka yang terdampak bencana ini segera mendapatkan bantuan dan diberikan kesabaran. “Mohon doa dari seluruh warga Indonesia untuk saudara-saudara kita yang saat ini sedang terdampak gempa bumi di Turki. Mudah-mudahan mereka diberikan kesabaran dan tetap istiqomah akidah serta keyakinannya dalam menerima musibah dari Allah SWT. Mudah-mudahan mereka juga cepat mendapatkan bantuan kemanusiaan dari berbagai pihak,” tutupnya.


Melalui program Muhammadiyah Aid Lazismu, Muhammadiyah telah membantu negara-negara yang terdampak bencana alam maupun konflik sosial. Misalnya konflik yang melanda etnis Rohingya, musibah gempa bumi di Nepal, bencana topan Haiyan di Filipina, tragedi kemanusiaan di Palestina, dan banjir di Pakistan. Melalui program ini, Muhammadiyah berupaya untuk membantu masalah-masalah kemanusiaan di level internasional seperti bencana alam, kelaparan, konflik sosial, dan peperangan.


Mari salurkan infak terbaik untuk membantu saudara-saudara kita yang terdampak gempa bumi di Turki melalui:


1. BSI 9153944400

2. BCA 8780171171

3. Mandiri 1230099008999

4. Muamalat 3250191211

5. Mega Syariah 1000014800