3 Sifat Petanda Puasa Kita Sukses atau Gagal

Notification

×

Iklan

Iklan

3 Sifat Petanda Puasa Kita Sukses atau Gagal

Jumat, 17 Maret 2023 | 12:35 WIB Last Updated 2023-03-17T05:35:14Z


LAMPUNG
– Bulan suci Ramadan segera tiba tak kurang dari 6 hari lagi. Tepatnya pada Kamis, 23 Maret 2023. Artinya, ibadah salat tarawih mulai dilakukan pada Rabu malam tanggal 22 Maret 2023.


Menyambut Ramadan, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir mengajak kaum muslimin, tepatnya warga Muhammadiyah untuk melakukan perenungan mendalam agar bulan yang penuh berkah ini tidak terlewat sia-sia sebagai rutinitas belaka.


“Bulan suci datang setiap tahun. Sudah berapa kali puasa Ramadan. Nanti dihitung, lalu berapa kali (puasa) itu dihitung secara kualitatif, apakah (dengan puasa) kita bertambah kualitas ketakwaan kita. Itu saja,” pesannya.


Mengutip perintah berpuasa pada Surat Al-Baqarah ayat 183, Haedar menjelaskan bahwa tujuan berpuasa adalah membentuk ketakwaan.


Ciri orang bertakwa sendiri sebagaimana dijelaskan dalam Surat Ali Imran ayat 134 memiliki tiga sifat yaitu: bersedekah di kala lapang dan sempit, menahan amarah, dan memberi maaf. Tiga sifat ini kata Haedar menjadi ukuran kualitatif apakah puasa Ramadan berhasil membentuk ketakwaan.


Dalam pidato di acara Peresmian Gedung SMK Muhammadiyah Kalirejo di Kabupaten Lampung Tengah, Kamis (16/3), Haedar juga berpesan agar warga Muhammadiyah menjalankan ibadah Ramadan dengan penuh pemaknaan dan keseksamaan.


Tak lupa, Haedar juga berpesan agar warga Persyarikatan giat membaca dan mengkaji kembali pikiran-pikiran resmi Muhammadiyah baik lewat buku, surat kabar Suara Muhammadiyah maupun media resmi Persyarikatan.


“Nah jika itu bisa kita lakukan maka puasa kita ada peningkatannya. Lebih dari itu puasa harus membuat kita hidup bersemangat. Cari ilmu juga harus bersemangat. Nanti tambah tadarusnya dan mencari ilmu. Kita keluarga besar Muhammadiyah juga harus punya tradisi membaca yang baik-baik, Alquran, hadis, berita-berita yang baik. Lalu lahir tradisi iqra,” pesannya. ***(afn)