Universitas Siber Muhammadiyah Jawab Tantangan Teknologi Pendidikan

Notification

×

Iklan

Iklan

Universitas Siber Muhammadiyah Jawab Tantangan Teknologi Pendidikan

Senin, 13 Maret 2023 | 15:15 WIB Last Updated 2023-03-13T08:43:37Z


YOGYAKARTA
– Universitas Siber Muhammadiyah (SiberMu) mengadakan event tahunan SiberMu Future Visit #1 dengan tema “Disrupsi 4.0: Chat GPT, Artificial Intelligence, Blockchain, dan Teknologi Immersive sebagai Peluang Bukan Ancaman bagi Pendidikan Tinggi” bertempat di Alana Hotel Yogyakarta, Senin (13/03/2023).


Kegiatan ini merupakan respons dari SiberMu dalam memantau perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini dengan membaca peluang dalam menjawab persoalan pendidikan ke depan.


“SiberMu menjadi satu-satunya PTMA yang dimiliki oleh Muhammadiyah yang menggunakan modus tunggal online dengan beroperasi secara digital,” terang Rektor SiberMu, Dr Bambang Riyanta ST M.T saat memberikan sambutan.


Sibermu menawarkan pembelajaran jarak jauh yang berkualitas dengan memanfaatkan teknologi terkini. Ia menyampaikan, lahirnya SiberMu menjadi salah satu amanah dari Muhammadiyah untuk menjadi penanda abad ke-2 Muhammadiyah dalam bidang digitalisasi dakwah.


Dengan begitu, event SiberMu Future Visit #1 menjadi salah satu ikhtiar untuk dapat merubah tantangan dan resiko perkembangan teknologi dengan memanfaatkan peluang yang besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan.


Merespons hal tersebut, Ketua Pimpinan Pusat Prof. Irwan Akib, juga setuju bahwa kehadiran SiberMu menjawab persoalan pendidikan di Indonesia saat ini. Merujuk perjuangan KH Ahmad Dahlan dalam mendirikan sekolah 100 tahun lalu, juga turut menjangkau bagaimana keadaan pendidikan 100 tahun ke depan.


“Semangat SiberMu ini adalah semangat KH Ahmad Dahlan, hadir menjawab tantangan hari ini dan tantangan masa depan pendidikan kita,” paparnya.


Kehadiran teknologi dalam pendidikan memang bukan hal yang baru, namun menyesuaikan kondisi yang ada. Dengan begitu, Prof Irwan Akib menegaskan bahwa kehadiran teknologi dan respons dalam melihat peluang teknologi menjadi sangat penting bagi pendidikan. Ia turut berpesan agar promosi dari Sibermu perlu untuk diperluas agar dapat lebih dikenal lagi di seluruh Indonesia.


“Teknologi dapat memberikan peluang, namun tanpa adanya kekritisan akan menjadi ancaman bagi generasi kita ke depan”, begitu papar Kepala Bagian Umum LLDIKTI V, Taufiqurahman S.E saat dalam sambutannya.


Kemajuan teknologi juga dapat membuat ketumpulan bagi daya pikir generasi kita ke depan karena teknologi menyajikan cara yang instan dan berpotensi pada kekritisan mahasiswa pula.


Selain mengimplementasikan teknologi, Taufiqurahman turut berpesan agar perguruan tinggi perlu mengimbangi teknologi dengan kecerdasan karakter bagi para pengguna dan memanfaatkannya agar tidak disalah gunakan oleh mahasiswa.


“Sebagai mahasiswa tidak hanya cerdas secara intelegentisal, namun juga mapan secara karakter,” begitu tutup Taufiqurahman.


Terinspirasi Semangat Kiai Dahlan


Teknologi terus mengalami kemajuan yang signifikan di berbagai sektor kehidupan. Beberapa teknologi yang belakangan ini menjadi perhatian seperti kecerdasan buatan (AI), blockchain, dan teknologi immersive telah mengubah cara manusia belajar dan mengajar.


Teknologi AI memberikan kemampuan untuk mengumpulkan, menganalisis, dan memproses data dengan cepat dan akurat. Blockchain adalah teknologi yang dapat mengubah cara manusia melakukan transaksi dan bertukar informasi secara digital. Teknologi immersive, seperti augmented reality (AR) dan virtual reality (VR), dapat membawa pengalaman belajar yang lebih mendalam dan menarik bagi siswa. Namun, fasilitas teknologi ini memiliki beberapa tantangan dan risiko khususnya bagi yang tidak siap menghadapinya.


Dalam bidang pendidikan, penggunaan teknologi AI dikhawatirkan dapat mengurangi keberadaan pengajar dan guru secara keseluruhan. Keterbatasan kapasitas dan biaya transaksi yang tinggi merupakan tantangan pemanfaatan teknologi blockchain yang belum sepenuhnya dapat diatasi. Sementara issue terkait keselamatan dan kesehatan siswa masih membayangi pemanfaatan teknologi immersive. 


Namun, meskipun ada tantangan dan risiko yang perlu diatasi, teknologi disrupsi tetap memberikan peluang yang besar dalam meningkatkan kualitas pendidikan.


Menurut Ketua PP Muhammadiyah bidang Pendidikan, Kebudayaan, dan Olah Raga Irwan Akib, kehadiran Universitas Siber Muhammadiyah (SiberMu) memiliki misi untuk menjawab tantangan teknologi di bidang pendidikan.


“Kehadiran Universitas SiberMu tidak lain untuk menjawab persoalan-persoalan yang memang hadir di dalam dunia pendidikan kita hari ini. Indonesia negara kepulauan, kalau harus dijangkau secara fisik masih banyak yang akan tertinggal, tidak akan terjangkau pendidikan. siberMu hadir untuk itu,” ucap Irwan dalam acara event tahunan SiberMu Future Visit pada Senin (13/03) di The Alana Yogyakarta Hotel.


Irwan mengungkapkan bahwa pendirian SiberMu tidak lain terinspirasi dari perjuangan KH. Ahmad Dahlan dalam melakukan pembaharuan terutama di bidang pendidikan. “Semangat SiberMu ialah semangat Kiai Dahlan, hadir menjawab tantangan hari ini dan masa depan pendidikan kita,” tegasnya.


Dalam acara SiberMu Future Visit ini mengangkat tema ‘Disrupsi 4.0: Chat GPT, Artificial Intelligence, Blockchain, dan Teknologi Immersive sebagai Peluang Bukan Ancaman bagi Pendidikan Tinggi’. 


Acara ini dihadiri Majelis Diklitbang PP Muhammadiyah, seluruh Rektor Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiah, Perguruan tinggi Swasta di Lingkungan Wilayah LLdikti V, Kepala Sekolah SMA/SMK Muhammadiyah di Indonesia, Dinas Pendidikan Provinsi DIY, Dewan Pendidikan Provinsi DIY, dan lain-lain.


Pada event ini Universitas Siber Muhammadiyah juga mendemonstrasikan pemanfaatan teknologi immersive melalui kunjungan kampus Virtual SiberMu. Di akhir acara SiberMu menawarkan beberapa layanan kerjasama kepada komunitas pendidikan berkaitan dengan distance learning dan pemanfaatan teknologi terkini. 


SiberMu berharap event SiberMu Future Visit sebagai ajang berbagi ide dan gagasan memberikan manfaat luas khususnya bagi dunia pendidikan di negeri ini.



Kegiatan SiberMu Future Visit – 1 dikemas dalam sebuah event edutainment dengan memanfaatkan perangkat AI dalam beberapa bagian acara. Pada event ini SiberMu juga mendemonstrasikan pemanfaatan teknologi immersive melalui kunjungan kampus Virtual SiberMu. 


Di akhir acara SiberMu menawarkan beberapa layanan kerja sama kepada komunitas pendidikan berkaitan dengan distance learning dan pemanfaatan teknologi terkini.***