Masjid Harus Menjadi Basis Massa Muhammadiyah

Notification

×

Iklan

Iklan

Masjid Harus Menjadi Basis Massa Muhammadiyah

Senin, 08 Mei 2023 | 16:29 WIB Last Updated 2023-05-08T09:29:50Z


YOGYAKARTA
— Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Ahmad Dahlan Rais mendorong Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) supaya lebih giat dan aktif untuk menyemarakkan masjid-masjid milik Muhammadiyah. 


Apalagi dalam rangka menegaskan bahwa identitas Muhammadiyah sebagai gerakan kader yang militan dan sekaligus sebagai gerakan dakwah yang tentu merupakan gerakan massa.


Dorongan tersentuh disampaikan Dahlan lantaran saat ini tidak satu atau dua masjid milik Persyarikatan Muhammadiyah, namun dikelola dan diisi oleh ‘orang lain’. Maka dari itu AMM maupun warga Muhammadiyah harus memakmurkan masjid.


“Setiap masjid itu menjadi kewajiban dan keharusan dikelola orang Muhammadiyah, demikian juga orang yang ngisi materi-materi kegiatan di masjid tersebut.” Harap Dahlan Rais pada, Minggu (7/5/2023) dalam Ideopolitor di UAD.


Namun demikian, memakmurkan masjid tidak cukup sampai di situ. Melainkan juga harus dipikirkan jamaah yang mengikuti kegiatan di masjid-masjid Muhammadiyah. Karena kenyataannya, jamaah masjid Muhammadiyah malah bukan warga Perysarikatan Muhammadiyah.


“Maka dalam kaitan yang menyeluruh yang harus kita lakukan bersama sekaligus menjadi gerakan antar masjid, yaitu gerakan cinta masjid.” Ungkapnya.


Oleh karena itu, Muhammadiyah selain bidang pendidikan, kesehatan dan sosial juga mendorong perhatian untuk masjid. Merujuk pesan Pak AR, Dahlan Rais meminta supaya masjid dan pesantren dalam batang tubuh Muhammadiyah tidak boleh di nomor dua kan.


“Ada beberapa hal yang saya kira perlu mendapat perhatian lebih yaitu masjid sebagai tempat pusat dan basis masa Muhammadiyah.” Imbuhnya.***