10 Channel YouTube Perguruan Tinggi di Indonesia. UM Bandung Peringkat Ketiga!

Notification

×

Iklan

Iklan

10 Channel YouTube Perguruan Tinggi di Indonesia. UM Bandung Peringkat Ketiga!

Jumat, 23 Juni 2023 | 15:51 WIB Last Updated 2023-06-23T08:51:22Z


BANDUNG
– YouTube adalah situs web yang memfasilitasi penggunanya untuk mengunggah, menonton, dan berbagi video. Situs ini populer dengan penonton yang banyak setiap harinya. 


Oleh karena itu, banyak lembaga khususnya bidang pendidikan yang menjadikan YouTube sebagai media promosi yang berdampak positif. Seperti beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang memanfaatkan situs YouTube sebagai upaya untuk menjalankan misi pada bidang pendidikan.


Berdasarkan penelusuran, terdapat 10 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan swasta di Indonesia dengan jumlah subscribers YouTube terbanyak. Berikut 10 channel YouTube perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki jumlah subscriber terbanyak:


1. ITB (160 ribu subscribers)


Institut Teknologi Bandung (ITB) menduduki peringkat pertama sebagai perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki subscribers terbanyak dan mulai menggunakan YouTube sejak 28 Mei 2009.


Pada tahun 2014, salah satu video pembelajaran berjudul “Kuliah Aljabar Linier” menjadi video populer yang mencapai 1,3 juta penonton dari beberapa video yang ada di channel @itbofficial.


2. Politeknik Keuangan Negara STAN (121 ribu subscribers)


Bergabung dengan YouTube pada 22 Februari 2016, Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) merupakan salah satu lembaga pendidikan kedinasan yang aktif menggunakan YouTube.


Akun YouTube @PKNSTANKEMENKEU menempati posisi kedua dengan subscribers terbanyak di Indonesia, yakni 121 subscribers.


3. UM Bandung (113 ribu subscriber)


Universitas Muhammadiyah Bandung (UM Bandung) yang terletak di Bandung, Jawa Barat, mulai menggunakan YouTube pada 5 Januari 2017. 


Salah satu perguruan tinggi Muhammadiyah ini terbilang baru, tetapi sangat aktif menggunakan YouTube dan menempati posisi ketiga yang memiliki subscribers terbanyak di Indonesia.


UM Bandung juga sering kali mengunggah videonya dalam bentuk short hingga salah satu video tentang lagu daerah menjadi short populer dengan jumlah 33 juta penonton.


4. UGM (109 ribu subscribers)


Universitas Gadjah Mada (UGM) termasuk perguruan tinggi favorit di Daerah Istimewa Yogyakarta yang berdiri sejak tahun 1949.


UGM mulai bergabung dengan situs YouTube pada 25 Juli 2012. Melalui 109 ribu subscribers, channel YouTube @ugm.yogyakarta berada di posisi keempat.


5. ITS (87,8 ribu subscribers)


Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) perguruan tinggi yang terletak di Surabaya, Jawa Timur berada di posisi kelima dengan jumlah 87,8 ribu subscribers.


Bergabung dengan YouTube sejak 13 November 2011, salah satu video populer di channel @itseurekatv ini memiliki 4,6 juta penonton. Video tersebut merupakan live perform ITS EXPO 2017 dari Ari Lasso yang menyanyikan lagu Hampa.


6. UMM (74,2 ribu subscribers)


Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) merupakan perguruan tinggi Muhammadiyah yang berdiri pada tahun 1964. Channel @UMMtube juga memiliki shorts video populer dengan jumlah 9,7 juta penonton dengan judul shorts “Jaga dirimu ya biar kita bisa ketemu lagi semester depan”.


7. UI (61,8 ribu subscribers)


Universitas Indonesia (UI) yang dikenal dengan jas almamater kuning memiliki 61,7 ribu subscribers dan mulai menggunakan YouTube pada 17 Agustus 2011. Berlokasi di Depok, dalam channel @UIUpdate2 terdapat  486 video terunggah.


8. Unpad (59,9 ribu subscribers)


Universitas Padjadjaran (Unpad) yang berlokasi di Jawa Barat juga menempati posisi ke delapan sebagai perguruan tinggi dengan subscribers terbanyak di Indonesia. Channel @unpad telah mengupload 958 video.


9. IPB University (58,8 ribu subscribers) 


IPB University merupakan perguruan tinggi yang terletak di Bogor juga termasuk perguruan tinggi dengan subscribers terbanyak di Indonesia.


Sebagai media inovasi kampus, channel IPB_TV telah mengunggah 1 ribu video.  Salah satu video populernya dengan jumlah penonton sebanyak 587 ribu berjudul “Kujang Pajajaran Pusaka dari Tanah Pasundan”.  


10. UIN SGD Bandung (26 ribu subscribers)


UIN Sunan Gunung Djati (UIN SGD Bandung) bergabung dengan situs YouTube sejak 26 Juni 2014. Video populer dalam channel @HumasalJamiahUINSGDBandung yang memiliki 112 ribu penonton berjudul “WISUDAWAN TAK BERTOGA, DINA”. 


Video tersebut menceritakan salah satu mahasiswa jurusan Hukum Keluarga Fakultas Syariah dan Hukum UIN SGD Bandung.


Luar biasa, itulah 10 perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia dengan subscribers YouTube terbanyak. Semoga terus aktif, meningkat, dan menyajikan konten yang semakin menarik juga bermanfaat. Selamat berkarya!***(MPAF)