Iklan

Iklan

,

Iklan

Ini Doa Sesudah Salat Duha Menurut Amalan Muhammadiyah

Redaksi
Sabtu, 03 Juni 2023, 19:02 WIB Last Updated 2023-06-03T12:02:07Z


JAKARTA
- Mengenai doa sesudah salat duha, kami telah menelusuri kitab-kitab fikih dan kitab-kitab hadis, dan sepanjang penelusuran kami memang tidak ditemukan adanya hadis yang menerangkan atau mengajarkan lafal-lafal atau doa-doa tertentu setelah selesai menunaikan salat duha. 


Demikian juga kami telah meneliti kitab hadis Nashiruddin Albani yang berisikan hadis-hadis daif versi beliau, yaitu kitab Silsilah al-Da‘ifah dan kitab-kitabnya yang lain. Tidak ditemukan hadis yang saudara maksudkan. 


Namun demikian, jika yang dimaksudkan adalah pendapat Albani tentang hadis salat duha lainnya, memang terdapat sejumlah riwayat yang ia anggap daif jiddan (lemah sekali) atau bahkan maudu’ (palsu). Misalnya hadis yang menjelaskan bahwa “di surga ada satu pintu yang bernama pintu “ad-Duha” yang hanya bisa dimasuki oleh orang yang menjaga salat duhanya” (Silsilah al-Da‘ifah, jilid I, hal 569).


Adapun doa dengan lafal “Inna duha duha-uka, wal-baha-u baha-uka, wal-jamalu jamaluka, wal-quwwatu quwwatuka, wal-qudratu qudratuka, wal-‘ushmatu ‘ushmatuka”, bukanlah doa yang berasal dari Nabi Muhammad saw, melainkan do’a yang dimunculkan pertama kali oleh ahli hukum (fuqaha), seperti oleh asy-Syarwani dalam Syarh Minhaj dan ad-Dimyati dalam I’anatut-Thalibin. 


Keduanya pun sesungguhnya tidak menyebut doa ini berasal dari Hadis Nabi Muhammad saw.


Dengan demikian, seorang yang selesai melaksanakan salat duha, ia dapat melafalkan doa apa saja yang baik tanpa harus terikat dengan lafal yang dianggap berasal dari Rasulullah saw untuk salat duha. 


Firman Allah dalam al-Qur’an, “Jika kamu telah menunaikan salat, maka berzikirlah (ingatlah) Allah” [QS. an-Nisa’ (4): 103]. Kemudian, “Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang.” [QS. al-Ahzab (33): 41-42].


Doa yang bisa digunakan dan diajarkan kepada peserta didik salah satunya misalnya adalah doa yang diajarkan oleh hadis berikut ini:


إِنَّ رَسُولَ اللهِ كَانَ يَتَعَوَّذُ بِهِنَّ دُبُرَ الصَّلاَةِ: اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْبُخْلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ، وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ أُرَدَّ إِلَى أَرْذَلِ الْعُمُرِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الدُّنْيَا، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ

[رواه البخاري ومسلم وأحمد والنسائي واللفظ للنسائي]


Artinya: “Sesungguhnya Rasulullah berlindung (kepada Allah) dari lima hal setelah selesai salat. “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari sifat kikir, aku berlindung kepada Engkau dari sifat pengecut, aku berlindung kepada Engkau dari dikembalikan kepada umurnya yang paling hina (pikun), aku berlindung kepada Engkau dari fitnah dunia dan aku berlindung kepada Engkau dari azab kubur”.” [HR. al-Bukhari, Muslim, Ahmad dan an-Nasai, lafal dari an-Nasai].


Wallahu a’lam bish-shawab.


Sumber: tarjih.or.id

Iklan