Iklan

Iklan

,

Iklan

UMBandung

PP IPM Dorong Pemimpin Pro Lingkungan Atasi Krisis Iklim

Redaksi
Senin, 21 Agustus 2023, 12:49 WIB Last Updated 2023-08-21T05:49:35Z


MEDAN
– Cinta lingkungan menjadi salah satu ciri dari enam poin Profil Pelajar Islami yang dicetuskan Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PP IPM) dalam Muktamar ke-23 di Kota Medan, Jumat-Ahad, 18-20 Agustus 2023.


Berkenaan dengan komitmen itu, PP IPM juga meluncurkan sebuah buku berjudul ‘Menjadi Pemimpin Pembela Lingkungan’ di tengah penutupan Muktamar yang berlangsung di Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP), Sumatera Utara, Minggu (20/8/2023).


Menurut Ketua Bidang Lingkungan Hidup PP IPM, Kholida Annisa, peluncuran buku tersebut seiring dengan keprihatinan IPM atas krisis iklim sudah terjadi di dunia global. Berdasarkan laporan dari Panel Antar pemerintah untuk Perubahan Iklim (IPCC), pada tahun 2030 krisis ini diprediksi menjadi bencana iklim.


”Jangan sampai lebih cepat bencana terjadi dari pada gebrakan gerakan lingkungan itu sendiri,” ujarnya.


Lewat buku ini, pelajar Muhammadiyah menyatakan komitmen untuk terlibat aktif melakukan kontrol dan pengawasan terhadap calon pemimpin, mendorong pemimpin yang pro terhadap generasi muda dan iklim serta menjadikan keselamatan lingkungan hidup sebagai agenda utama.


Selain itu pelajar Muhammadiyah juga mendorong dukungan dari aspek struktural melalui proses legislasi dan pembuatan peraturan yang terbuka, transparan, dan melibatkan kepentingan publik secara luas.


”Maka buku ini hadir untuk mempercepat gerakan lingkungan pelajar. Buku ini bercerita tentang keadaan bumi hari ini, bagaimana cara kita memandang posisi bumi, dan apa saja yang bisa kita lakukan untuk bumi yang lebih lestari. Siap untuk bergerak bersama memukul mundur krisis iklim,” tegas Kholida. ***(afn)

Iklan