Muhammadiyah Membangun Kesehatan Gizi untuk Generasi Sehat Berkemajuan!

Notification

×

Iklan

Iklan

Muhammadiyah Membangun Kesehatan Gizi untuk Generasi Sehat Berkemajuan!

Minggu, 05 November 2023 | 07:13 WIB Last Updated 2023-11-05T00:13:50Z


LANGKAT
– Persyarikatan Muhammadiyah melalui Majelis Pembinaan Kesehatan Umum telah membangun Kemitraan dengan Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Promosi Kesehatan Dirjen Kesmas berupa Gerakan Aksi Bergizi Sehat Berkemajuan. 


Kegiatan ini dilakukan pada hari Rabu-Kamis, 1-2 November 2023 di Langkat, Sumatra Utara. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Aksi Bergizi Sehat Berkemajuan yang merupakan kerjasama/kemitraan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah melalui MPKU (Majelis Pembina Kesehatan Umum) dengan Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes RI.


Aksi Bergizi Sehat Berkemajuan merupakan salah satu kegiatan promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat dalam upaya penurunan stunting di Sekolah maupun Pondok Pesantren Muhammadiyah di empat provinsi di Indonesia, yaitu Sumatera Utara, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Barat.


Di empat provinsi tersebut diselenggarakan beberapa kegiatan yaitu gerakan meningkatkan cakupan konsumsi Tablet Tambah Darah (TTD) pada remaja putri di sekolah, madrasah dan pesantren Muhammadiyah yang dilakukan setiap minggu yang terdiri dari 4 aktivitas yaitu minum TTD, sarapan sehat halalan thayyiban, aktivitas fisik dengan senam bersama dan edukasi kesehatan.


Menurut Yuniar, anggota bidang IV MPKU PP Muhammadiyah yang mewakili dalam sambutannya mengatakan bahwa sehat merupakan sesuatu yang berharga, untuk itu tim swakelola datang mengajak rekan-rekan di langkat untuk sama-sama mengatasi masalah kesehatan


“Salah satunya yaitu stunting karena jika stunting sudah kejadian, akan sulit untuk ditanggulangi. Ini lah waktunya kita bersama-sama untuk mencegah stunting melalui remaja, dengan konsumsi TTD, sarapan sehat dengan isi piringku sehingga nantinya remaja-remaja ini dapat melahirkan generasi-generasi sehat bebas masalah gizi,” katanya.


Sementara itu, Wakil Ketua Majelis Dikdasmen Sumatera Utara, Judianto Sitorus menyampaikan, untuk menyelesaikan masalah kesehatan harus berkolaborasi dan bersinergi khususnya Muhammadiyah yang memiliki berbagai majelis. 


“Remaja sekarang merupakan Golden Generation 2045 yang disiapkan agar menjadi generasi sehat berkemajuan. Untuk dapat mewujudkan Berkemajuan sesuai Muhammadiyah, kita harus sehat, cerdas dan berkarakter, sehingga kegiatan ini sangat tepat untuk mewujudkan hal tersebut” harapannya.***(MHMD)