Iklan

Iklan

,

Iklan

UMBandung

Musyawarah Ranting Muhammadiyah dan Aisyiyah Ranting Kaligadung Hasilkan Nahkoda Baru

Redaksi
Sabtu, 04 November 2023, 12:50 WIB Last Updated 2023-11-04T05:50:41Z


BREBES
-- Pimpinan Ranting Muhammadiyah dan Aisyiyah Kaligadung Cabang Bumiayu mengadakan Musyawarah Ranting (Musyran) sebagai sarana strategis untuk melakukan pergantian pimpinan di Masjid al-Ikhlas Kaligadung, Penggarutan, Jum’at (19 Robiul Akhir 1445 H/03/11/2023 M).


Musyawarah Ranting Muhammadiyah dan Aisyiyah Kaligadung yang mengangkat tema “Membangkitkan Ranting Kaligadung Makin Cemerlang” yang berlangsung Masjid al-Ikhlas Kaligadung, Penggarutan tersebut didibuka langsung oleh Ketua PCM Bumiayu, Drs.H.Sukmono.


Rosi Ibnu Hidayat, S.Kom.I, M.Sos selaku Kepala Desa Penggarutan dalam sambutannya menuturkan bahwa Pemerintah Desa Penggarutan sangat bersyukur karena di Desa Penggarutan ada dua Pimpinan Ranting Muhammadiyah dan Aisyiyah, yaitu Ranting Penggarutan dan Ranting Kaligadung, 


“Keberadaan Pimpinan Ranting Muhammadiyah dan Aisyiyah Kaligadung ini sangat membantu Pemerintah desa dalam rangka pemberdayaan dan pencerahan masyarakat dalam segala bidang yang dikelola oleh warga persyarikatan. Kami atas Pemerintah Desa sangat berterima kasih kepada Persyarikatan Muhammadiyah yang telah setia menjadi mitra Pemdes untuk terus bersama-sama membangun desa Penggarutan.” harapnya dalam menyampaikan sambutan.


“Selamat bermusyawarah, semoga dapat menghasilkan para pimpinan yang lebih progresif lagi dalam menebarkan dan menggaungkan gerakakan dakwah berkemajuan yang memberdayakan, menggerakan dan menggemakan dakwah Islamiyah”,ucapnya.


Pada kesempatan yang sama, Ketua PCM Bumiayu, Drs. H. Sukmono menyampaikan bahwa Musyran Kaligadung seperti 14 ranting lainnya memang sudah waktunya untuk dilaksanakan, dan dianjurkan dilaksanakan sebelum masuk minggu kedua di bulan November.


“PCM Bumiayu berencana akan mengadakan pengukuhan bersama terhadap 24 Pimpinan Ranting pada Mingu Kedua Bulan November. Hal ini mengingat keberadaan ranting sangatlah penting agar dapat menjadi mitra kekuatan dalam pengembangan Cabang dan Daerah agar semakin menguat, membumi dan mengakar gerakan dakwahnya sampai ke lapisan bawah”, tegasnya.


Pelaksanaan Musyawarah Ranting dilaksanakan dengan cara Pemilihan Calon Formatur, hingga terpilih 9 (sembilan) orang formatur untuk PRM dan 5 formatur untuk PRA. Selanjutnya Tim formatur akan bermusyawarah untuk menetapkan Ketua dan Sekretaris Pimpinan Ranting Muhammadiyah dan Aisyiyah Kaligadung Periode 2022-2027.


Hasil dari pemililihan PRM Kaligadung Cabang Bumiayu Daerah Brebes menghasilkan 9 formatur dengan peroleh suara: Slamet Riyadi (33 suara), Beni Agung Fikri, S.Pd.I (29), H.Warno, M.Pd (27 Suara), Waad (26), Mas’ud, S.Pd.I (23 suara), Sahroni, S.Pd (23 suara), Arif (21 suara), Amir Hamzah (17 suara) dan Ali Saifudin (17 suara). Sedangkan 5 formatur yang terpilih dalam musyawarah ranting Aisyiyah Kaligadung adalah Ana Rapita (27 suara), Nur Aeni (26), Hj.Rokhanah (22 Suara), Sumarni (18), dan Yuli Puji Astuti (16 suara), jelas Wa’ad selaku Ketua Panitia Pemilihan.


Setelah melewati proses permusyawaratan dengan dinamika-dinamika yang berlangsung selama proses pemilihan, akhirnya 9 formatur PRM Kaligadung sepakat memilih Slamet Riyadi sebagai Ketua yang didampingi Beni Agung Fikri, S.Pd.I sebagai Sekretaris dan H.Warno, M.Pd sebagai Bendahara PRM Kaligadung Periode 2022-2027. Sementara 5 formatur PRA Kaligadung bersepakat mengamanahkan kepemimpinan Aisyiyah Ranting Kaligadung Periode 2022-2027 kepada Nur Aeni sebagai Ketua dan Yuli Puji Astuti sebagai Sekretaris, tambah Wa’ad selaku Ketua Panitia Pemilihan.


Sementara itu, 5 hari sebelumnya juga telah diadakan Musyran Muhammadiyah dan Aisyiyah di Ranting Kalierang (M. Firmanudin, M.Pd dan Silvia Agustina, S.Ag), Karangtuang (Khamilaeni dan Muhlisoh, S.PAUD), Jatisawit (Rosidin, S.Ag dan Hj. Hartani), Dukuhkweni (Mukholik dan Siti Munawaroh), Kalilangkap (Sujono, S.Pd.I dan Wasiah), Kaliwadas (H.M.Yunus, M.Pd dan Urip Saidah, S.Pd), Pamijen (Supriyanto) dan Pruwatan (Surahman, S.Pd), tambah Indra Purwanto selaku Sekretaris PCM Bumiayu.


Tampak hadir dalam acara pembukaan Musyran serentak di lokasi tersebut adalah Pleno PCM dan PCA Bumiayu. Pleno PCM Bumiayu terdiri dari Drs. H. Sukmono (Ketua), Drs. H. Abdul Mufti (Wakil Ketua Bidang Pemberdayaan Wakaf), dan Emmi Fathun Najah, ST, MBA (Wakil Ketua Bidang MPI). Sedangkan pleno PCA Bumiayu yang hadir adalah Siti Eviatun Amanah, S.Ag, S.Pd (Wakil Ketua I), Hj. Laely Usriyah (Ketua Majlis Tabligh), dan Heri Murwati, S.Pd (Bendahara Majelis Kesehatan). Hadir juga Kepala Desa Penggarutan (Rosi Ibnu Hidayat, S.Kom.I, M.Sos), serta para kepala AUM (Tarqum Aziz-MPI PCM Bumiayu).

Iklan