10 Langkah Agar Kamu Mencintai Al-Quran

Notification

×

Iklan

Iklan

10 Langkah Agar Kamu Mencintai Al-Quran

Kamis, 01 September 2022 | 14:00 WIB Last Updated 2022-09-01T07:07:51Z

Inilah 10 tips mencintai Al-Quran. Al-Quran merupakan kitab suci yang Allah turunkan melalui Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW secara bertahap.

Menyentuh dan membaca Al-Quran lebih baik dalam keadaan suci--berwudu terlebih dahulu. Mendengarkannya pun termasuk dalam kategori ibadah yang mendapat pahala.

Sudahkah kita mencintai Al-Quran? Bagaimana tips mencintai Al-Quran yang baik itu?

Simak ulasan berikut yang Muhammadiyah Good News kutip dari laman resmi Muhammadiyah, Senin 22 Agustus 2022.

1. Ambil Al-Quran


Mengambil Al Quran adalah langkah pertama. Namun, bagi banyak orang hal ini satu dari sekian aspek yang paling sulit.

Coba kita lepaskan dan ambil Al-Quran dari rak buku, singkirkan debu-debu yang menempel, dan simpan di area yang mudah kita akses.

Kita harus membiasakan kulit tangan kita merasakan Al-Quran dan melihatnya dari dekat. Jika Al-Quran selalu terlihat, kemungkinan besar kita akan mengambil, lalu membacanya dengan rutin.

Lebih mudah, coba baca Al-Quran di hape masing-masing, di mana pun dan kapan pun--asalkan jangan di tempat-tempat yang Allah dan Rasul melarangnya.

2. Mulai membaca


Mulailah dengan beberapa ayat atau hanya setengah halaman Al-Quran. Pastikan bahwa kita membaca Al-Quran setiap hari dan lakukan secara konsisten.

Ingat, konsistensi adalah kunci untuk membangun kebiasaan. Agar konsisten, ajak orang lain agar kelak dapat saling mengingatkan.

Dalam memilih waktu yang tepat untuk membaca Al-Quran, cobalah salat subuh dan maghrib. Membacanya bisa sendirian atau bersama dengan keluarga tercinta di rumah.

3. Menulis catatan


Tren baru yang hebat belakangan ini adalah dengan Quran Journaling. Yakni membaca satu ayat Al-Quran dan kemudian menulis beberapa catatan tentang apa arti dari suatu kata.

Lalu menghubungkannya dengan realitas kehidupan kita. Kemudian bagaimana dapat menerapkannya.

Beberapa orang malah membubuhi keterangan, mewarnai, dan menyorot catatan mereka dan membuat infografis visual.

4. Pelajari tajwid yang benar


Selain membaca dan merenungkan, Al-Quran adalah kitab suci untuk dibaca umat muslim khususnya.

Berusahalah secara sadar untuk belajar tajwid dengan mencari guru, membaca buku panduan, atau menonton video di youtube.

Berusahalahj Ini akan dimulai dengan cukup sulit, tetapi seiring waktu kita akan menikmati keindahan membaca Al-Quran.

5. Belajar tafsir


Dengan membaca kitab-kitab tafsir, kita akan merasakan alasan mengapa ayat-ayat itu turun, konteks historisnya, serta hukum-hukum yang menyertainya.

Ini tidak hanya akan membantu kita memahami mengapa ayat-ayat tersebut mengatakan apa yang mereka katakan.

Namun, akan membantu kita bagaimana mereka dapat berhubungan dengan kehidupan kita sendiri.

6. Belajar bahasa Arab


Mirip dengan sebelumnya, salah satu cara terbaik untuk terhubung dengan makna Al-Quran yang lebih dalam adalah dengan belajar bahasa Arab.

Jangan khawatir! Ini kedengarannya menakutkan. Namun, lakukanlah langkah demi langkah. Bahkan mempelajari beberapa kata kunci akan membantu kita memahami bagian-bagian dari Al-Quran saat membaca.

Sebagai bonus epik, hal itu akan meningkatkan fokus kita selama salat. Sanga bermanfaat tentunya.

7. Bergabung dengan kelompok studi Al-Quran


Kita tahu betapa sulitnya menemukan motivasi melakukan kegiatan ini sendiri. Oleh karena itu, salah satu saran terbaik yakni bergabunglah dengan kelompok belajar lokal.

Kita bisa bergabung dengan kelompok studi Al-Quran yang ada di sekitar kita. Di masjid, majelis taklim, kelompok pengajian, dan sebagainya. Banyak cara untuk mencari dan bergabung dengan mereka.

8. Unduh aplikasi


Karena kita selalu dalam perjalanan atau sibuk dalam pekerjaan, mungkin sulit untuk menemukan waktu untuk duduk dan membuka salinan fisik Al-Quran.

Hal ini seharusnya tidak menjadi alasan untuk melewatkan membaca beberapa ayat Al-Quran per hari.

Temukan aplikasi yang kita sukai yang dapat kita gunakan untuk mendengarkan Al-Quran, letakkan di layar beranda ponsel, dan gunakan waktu luang untuk membuka aplikasi dan membacanya.

9. Mendengarkan bacaan Al-Quran


Cara terbaik untuk jatuh cinta dengan Al-Quran, selain membacanya, adalah dengan mendengarkan secara teratur.

Ini tidak hanya akan membantu kita dengan tajwid, tetapi akan merasakan kedamaian, ketenangan, dan ketenangan saat mendengarkan.

10. Mulai menghafal


Setelah mulai membangun hubungan yang lebih baik dengan Al-Quran, kita harus membiasakan diri menghafal sebagian kecil Al-Quran.

Mulailah dari juz ke-30 dan pilih beberapa surah kecil untuk memulai.

Kita tidak hanya akan memiliki lebih banyak ayat untuk bahan bacaan selama salat, tetapi menghafal surat-surat ini akan membuat kita tetap terhubung dengan Al-Quran.

Al-Quran merupakan kitab suci, wahyu dari Allah, mukjizat terbesar Nabi Muhammad SAW, yang banyak orang membaca dan menghafalkannya.

Jangankan seperti itu, kita duduk khusyuk mendengarkan ayat suci Al-Quran ketik orang lain membacakannya pun akan bernilai pahala di hadapan Allah.

Cintailah Al-Quran, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang saleh pilihan-Nya akan mencintai kita.

Terlebih, Al-Quran adalah kawan yang akan memberikan syafaatnya kelak ketika kita sudah ada di dalam kubur.***