10 Perguruan Tinggi Muhammadiyah Masuk 100 Kampus Terbaik versi UniRank 2022

Notification

×

Iklan

Iklan

10 Perguruan Tinggi Muhammadiyah Masuk 100 Kampus Terbaik versi UniRank 2022

Kamis, 29 September 2022 | 15:21 WIB Last Updated 2022-09-29T08:21:05Z


Muhammadiyah telah lama berkhidmat pada dunia pendidikan. Dari mulai pendidikan taman kanak-kanak, sekolah dasar, menengah, hingga perguruan tinggi, Muhammadiyah senantiasa konsisten untuk selalu menorehkan prestasi. 


Hal inilah yang membuat pendidikan Muhammadiyah semakin berkembang dan diakui oleh masyarakat Indonesia bahkan dunia. Baru-baru ini, perguruan tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah berhasil memasuki deretan 100 perguruan tinggi terbaik se Indonesia menurut University Ranking (UniRank) edisi September 2022. 


Salah satu lembaga pemeringkatan perguruan tinggi internasional yaitu University Ranking (UniRank)  menerbitkan pemeringkatan universitas se Indonesia edisi September 2022.  


Pemeringkatan ini dilakukan pada perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang telah memenuhi seleksi UniRank. UniRank melakukan seleksi penilaian pada tigas aspek yang dimiliki oleh setiap universitas. 


Di antara penilaiannya, pertama akreditasi perguruan tinggi terkait, kedua melihat ada tidaknya program pascasarjana, dan yang ketiga proses perkuliahan yang dilakukan baik tatap muka atau jarak jauh. 


Dirilis oleh UniRank, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) masuk dalam peringkat 23 perguruan tinggi terbaik se Indonesia. Tak hanya UMM, PTM lainnya pun menyusul masuk dalam jajaran terbaik. 


Pada peringkat 28 ada Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka menduduki peringkat 33. Hal ini menunjukkan bahwa kehadiran Muhammadiyah dapat memberikan kontribusi positif terhadap bangsa Indonesia dan sebagai bukti nyata bahwa kiprah Muhammadiyah di dunia pendidikan telah diakui dan dipercaya oleh masyarakat luas. 


Berikut ini 10 Perguruan Tinggi Muhammadiyah terbaik versi UniRank 2022, antara lain :


• Universitas Muhammadiyah Malang, peringkat 23

• Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, peringkat 28

• Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, peringkat 33

• Universitas Ahmad Dahlan, peringkat 41

• Universitas Muhammadiyah Surakarta, peringkat 43

• Universitas Muhammadiyah Ponorogo, peringkat 59

• Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, peringkat 68

• Universitas Muhammadiyah Purworejo, peringkat 74

• Universitas Muhammadiyah Semarang, peringkat 90

• Universitas Muhammadiyah Riau, peringkat 95


Dari data yang ada, terbukti bahwa perguruan tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah mampu bersaing dengan kampus negeri maupun swasta lainnya. Namun tidak hanya itu, berdasarkan hasil prestasi tersebut tentunya perguruan tinggi Muhammadiyah di seluruh Indonesia akan terus berbenah diri dan berkembang untuk menjadi yang terbaik di tingkat Nasional maupun Global. (Dita/Syifa)