5 Universitas Muhammadiyah dengan Penerimaan Mahasiswa Terbanyak Tahun 2022. Mana Saja?

Notification

×

Iklan

Iklan

5 Universitas Muhammadiyah dengan Penerimaan Mahasiswa Terbanyak Tahun 2022. Mana Saja?

Kamis, 06 Oktober 2022 | 16:26 WIB Last Updated 2022-10-06T09:33:34Z


Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah sebagai organisasi islam besar telah banyak berkiprah bagi kemajuan Negara Indonesia, terutama dalam bidang pendidikan. Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah memiliki banyak lembaga pendidikan islam, mulai dari pendidikan sekolah dasar hingga perguruan tinggi. 


Pada tingkat perguruan tinggi, Muhammadiyah menaungi banyak sekali universitas dan sekolah tinggi yang tersebar di seluruh penjuru tanah air Indonesia. 


Berdasarkan data Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan PP Muhammadiyah (Diklitbang), hingga Oktober 2022 ini, total terdapat 172 Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (PTMA) yang meliputi universitas, sekolah tinggi, akademi, institut, dan politeknik. 


Kampus Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah meskipun termasuk universitas swasta, namun kualitas dan keunggulannya tidak kalah dengan kampus-kampus negeri. Selain memiliki kualitas pendidikan yang sangat bagus, beberapa kampus Muhammadiyah menjadi kepercayaan masyarakat Indonesia untuk mengemban pendidikan bagi mahasiswa baru tahun 2022 ini. 


Dikutip dari laman muhammadiyah.or.id, berikut adalah 5 Universitas Muhammadiyah dengan penerimaan mahasiswa terbanyak tahun 2022, yaitu:


1. Universitas Muhammadiyah Surakarta 


Kampus Muhammadiyah pertama dengan jumlah penerimaan mahasiswa terbanyak tahun 2022 diduduki oleh Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). UMS tercatat menerima mahasiswa baru sebanyak 7.804 orang. 


Kampus dengan program studi (prodi) yang mayoritas terakreditasi “A” ini ternyata memiliki beberapa prodi yang paling banyak diminati oleh pendaftar. Diantaranya adalah Prodi Farmasi, Pendidikan Kedokteran, Kedokteran Gigi, Gizi, Psikologi, Ilmu Komunikasi, Ilmu Hukum, Manajemen termasuk juga kelas Internasional Manajemen, Teknik Informatika, dan Fisioterapi.  


Disamping itu, UMS juga membuka di banyak jalur pendaftaran seperti jalur e-seleksi dengan rapor dan prestasi, jalur test CBT (Computer Based Text) dengan reservasi. Selain itu, UMS juga menyediakan berbagai macam beasiswa yang tentunya dapat dikuti oleh mahasiswa baru UMS.


2. Universitas Ahmad Dahlan 


Universitas Ahmad Dahlan merupakan salah satu kampus favorit yang berada di Yogyakarta. Kampus ini memberikan kesempatan bagi calon Dahlan Muda, sebutan bagi mahasiswa baru UAD untuk bergabung dengan melalui banyak jalur. Maka tak heran jika UAD menjadi salah satu Perguruan Tinggi Muhammadiyah dengan mahasiswa terbanyak yaitu sebanyak 7.153 mahasiswa. 


3. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta 


Kampus yang dijuluki Muda Mendunia ini juga merupakan kampus favorit yang ada di Yogyakarta. Pada tahun 2022 ini, UMY menerima mahasiswa sebanyak 5.570 mahasiswa baru dengan berbagai macam program studi. Tidak hanya menerima mahasiswa dalam negeri, rupanya UMY menarik perhatian calon mahasiswa asing untuk kuliah di UMY. 


Tercatat sebanyak 1.411 mahasiswa asing dari 59 negara telah mendaftar sebagai calon mahasiswa baru di UMY 2022. Peningkatan banyaknya mahasiswa asing yang mendaftar di UMY ini menjadi salah satu bentuk pencapaian UMY yang berhasil menjadi kepercayaan masyarakat Indonesia secara khusus dan juga bertaraf Internasional. 


4. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara 


Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) merupakan salah satu kampus terbaik yang memiliki banyak peminat di Medan. Tecatat sebanyak 5.200 mahasiswa yang diterima pada tahun 2022. 


Selain terdapat pilihan banyak program studi dengan prospek kerja yang menjanjikan, kampus Muhammadiyah ini memiliki prodi yang populer dan banyak diminati. Diantaranya adalah Pendidikan Dokter, Teknik Elektro, Teknik Sipil, Agroteknologi, dan juga Teknik Mesin. 


5. Universitas Muhammadiyah Malang


Universitas dengan julukan kampus putih ini menjadi kampus Muhammadiyah pertama yang menerima mahasiswa baru dengan jumlah terbanyak tahun ini. Kampus yang terletak di Malang ini semakin menunjukkan konsistensi dalam meningkatkan reputasinya, terbukti UMM menduduki peringkat pertama sebagai Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (PTMA) terbaik di Indonesia menurut University Ranking (UniRank) pada edisi Juli 2022. 


Oleh karenanya, UMM menjadi salah satu kampus unggulan yang banyak diminati oleh calon mahasiswa baru. Sebanyak 17.500 pendaftar dari berbagai daerah saling memperebutkan kursi mahasiswa UMM dan tahun 2022 ini terjadi banyak peningkatan pada jumlah pendaftar. Dari sekian banyak pendaftar, UMM menerima sekitar 8.000 mahasiswa baru untuk bergabung bersama di kampus putih pada tahun 2022


Demikian 5 Perguruan Tinggi Muhammadiyah dengan mahasiswa terbanyak tahun 2022 yang berhasil kami rangkum. Bagaimana, sudahkah tertarik untuk bergabung bersama Kampus Muhammadiyah? (Dita/Syifa)