Tingkatkan SDM Bangsa, Muhammadiyah Bakal Tambah Universitas di Papua Barat

Notification

×

Iklan

Iklan

Tingkatkan SDM Bangsa, Muhammadiyah Bakal Tambah Universitas di Papua Barat

Sabtu, 14 Januari 2023 | 09:36 WIB Last Updated 2023-02-26T04:18:13Z


MANOKWARI
— Muhammadiyah bakal menambah jumlah universitasnya di tanah Papua, rencana tersebut menemukan titik terang setelah keluarnya sertifikat akreditasi tiga prodi di Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Manokwari, Papua Barat.


Selain sebagai modal untuk beralih status menjadi universitas, keluarnya sertifikat akreditasi prodi ini juga sebagai komitmen dari STKIP Muhammadiyah Manokwari untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di Manokwari, Khususnya Papua Barat, seperti yang disampaikan oleh Ketua STKIP Muhammadiyah Manokwari, Hawa Hasan.


“Alhamdulillah dari lima program studi yang ada di kampus STKIP Muhammadiyah Manokwari, hari ini (4/1/2023) tiga program studi sudah terakreditasi dengan nilai yang baik sekali,” ungkap Hasan.


Hasan menceritakan, sertifikat akreditas ini merupakan hasil dari assessment lapangan sejak Desember 2022. 


“Assessment dilakukan selama dua hari untuk setiap program studi dengan dua orang asesor. Proses akreditasi dilakukan baik secara luring maupun daring,” imbuhnya.


Di sisi lain, STKIP Muhammadiyah Manokwari juga sedang mempersiapkan doktor serta peningkatan sinta publikasi penelitian. Tidak tanggung-tanggung, STKIP Muhammadiyah Manokwari menargetkan penelitian dosen bisa dipublikasi di jurnal yang terindeks scopus.


Perlu diketahui tiga prodi STKIP Muhammadiyah Manokwari yang mendapat sertifikasi akreditasi adalah Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Biologi dan Pendidikan Bahasa Inggris. Selain itu, STKIP Muhammadiyah Manokwari juga menyiapkan dua prodi lagi untuk sertifikasi akreditasi.


“Masih ada dua program studi yang akan dikejar untuk dapat meningkatkan akreditasi yang diharapkan kepercayaan masyarakat ke kampus juga makin meningkat,” imbuhnya.


Keinginan untuk beralih status dari STKIP menjadi Universitas juga disampaikan Wakil Ketua I STKIP Muhammadiyah Manokwari, Nurul Abidin. Bahwa berbagai cara telah diusahakan oleh STKIP, termasuk melakukan akreditasi sebagai bentuk keseriusan menyelesaikan target jangka pendek, yaitu beralih dari sekolah tinggi menjadi universitas.


“Ke depannya kampus akan semakin maju dan berkembang agar semakin bisa memberikan manfaat bagi masyarakat,’ tuturnya.


Dia berharap, ke depan program studi dan fakultas yang dimiliki oleh STKIP Muhammadiyah Manokwari akan mendapat akreditasi unggul. Sehingga selain untuk meningkatkan akreditasi perguruan tinggi, juga untuk meningkatkan trust masyarakat Papua ke STKIP Muhammadiyah Manokwari. ***