Iklan

UMBandung

Iklan

UMBandung
,

Iklan

1.200 Kader Hadir, Ini Agenda Muktamar Pemuda Muhammadiyah ke-18 di Balikpapan

Redaksi
Selasa, 21 Februari 2023, 12:21 WIB Last Updated 2023-02-21T05:21:57Z


BALIKPAPAN
– Muktamar Pemuda Muhammadiyah ke-XVIII di Balikpapan, Kalimantan Timur diselenggarakan selama empat hari dari Selasa, 21 Februari 2023 sampai Jumat, 24 Februari 2023.


Agenda Muktamar adalah merumuskan agenda strategis keumatan, kebangsaan, dan kemanusiaan semesta serta memilih kepemimpinan baru periode lima tahun ke depan.


Membawa tema “Pemuda Negarawan, Harmoni Memajukan Indonesia”, ada 38 bakal calon Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah yang sudah mendaftar dan telah mendapatkan rekomendasi 5 Pimpinan Wilayah.


“Ada 38 calon formatur dari seleksi administrasi, namun ada sebagian yang mengundurkan diri. Karena semua memiliki potensi kandidat ada 36 orang sekarang semua 36 ini berpotensi menjadi Ketua Umum,” jelas Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah, Cak Nanto dalam konferensi pers di Balikpapan, Senin (20/2/2023).


Di Muktamar ini, hadir sekira 1.200 kader Pemuda Muhammadiyah yang terdiri dari 112 Pengurus Pimpinan Daerah dari 34 propinsi, 512 kabupaten dan kota.


“Sudah kami siapkan semua akomodasi untuk para peserta dan pendukung di 5 hotel di Balikpapan,” kata Cak Nanto.


Untuk agenda Muktamar sendiri, dimulai dengan pembukaan Tanwir Pra Muktamar pada Selasa (21/2). Selain itu ada Pleno I Tanwir terkait tata tertib, penetapan calon formatur, dan penetapan kepesertaan. Di sore hari digelar penutupan Tanwir Pra Muktamar digelar.


Pada hari Rabu (22/2/2023) pagi akan dilanjutkan sidang Pleno IV terkait pemilihan formatur PP Pemuda Muhammadiyah. Bakda Dzuhur, Muktamar secara resmi akan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo. Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir beserta Gubernur Kaltim, Isran Noor dijadwalkan hadir. Malam hari digelar gala dinner dengan Menteri BUMN, Erick Thohir.


Memasuki hari ketiga, Kamis (23/2/2023), agenda Muktamar adalah melanjutkan sidang Pleno V terkait-Rapat Formatur untuk penentuan Ketua Umum & Sekretaris Jendral PP Pemuda Muhammadiyah periode 2022-2026.


Menjelang siang, digelar seminar nasional Menggagas Indonesia Baru bersama Gubernur Jateng Ganjar Pranowo beserta Ketua Umum KADIN Indonesia, M. Arsjad Rasjid.


Penutupan Muktamar sendiri akan dilaksanakan dengan pembacaan keputusan Induk Muktamar ke-18 oleh presidium sidang. Selain itu ada sambutan-sambutan antara lain Ketua Umum Demisioner Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, Cak Nanto, Ketua Umum Terpilih Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah periode 2022-2026, dan amanat Pimpinan Pusat Muhammadiyah sekaligus menutup Muktamar XVIII Pemuda Muhammadiyah melalui Sekretaris Umum, Prof. Dr. Abdul Mu’ti, MA. *** (afn)

Iklan