Iklan

Iklan

,

Iklan

UMBandung

Pemangku Adat di Solok Wakaf Tanah, Buya Amirsyah Tambunan Dorong Umat Punya 5 Kecerdasan Hidup

Redaksi
Kamis, 27 April 2023, 13:13 WIB Last Updated 2023-04-27T06:13:51Z



SOLOK
– Ketua Majelis Pendayagunaan Wakaf Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Buya Amirsyah Tambunan menyampaikan tausiyah pada acara Halalbihalal Idul Fitri 1444 H di SMPN 02 Solok, Sumatera Barat, Senin (24/4/2023).


Pada kesempatan itu, Amirsyah menyampaikan ada lima kecerdasan yang perlu dikembangkan atau diperkuat oleh masyarakat Solok dan kaum muslimin secara umum.


Pertama, memperkuat kecerdasan intelektual yakni mampu memahami dan memecahkan masalah.


Kedua, memperkuat kecerdasan emosional, yakni mampu mengendalikan emosi dalam menghadapi berbagai masalah.


Ketiga, memperkuat kecerdasan spritual yakni memperkuat spirit untuk meningkatkan keimanan kepada Allah.


Keempat, memperkuat kecerdasan sosial yakni kemampuan membina sumber daya manusia yang ada di masyarakat menjadi kekuatan untuk mempersatukan potensi masyarakat.


“dan Kelima adalah kecerdasan enterphereunership yakni kecerdasan kewirausahaan untuk mengelola sumber daya alam sumbar yang indah dan subur untuk Indonesia yang berkeadilan dan lebih maju,” pungkas Sekjen MUI Pusat tersebut.


Untuk diketahui, pemangku adat setempat mewakafkan 5 Hektare tanah ke Ranting Muhammadiyah Paninjauan Koto X Kota Solok dari 500 ha yang di kuasai Pemangku adat Kabupaten Solok, Sumbar.


Atas wakaf tersebut, Ketua Ikatan Keluarga Paninjauan Saiyo (IKPS) Jakarta, Zalzulifa yang juga Dekan Fakultas Pariwisata dan Industri kreatif Universitas Muhammadiyah Tengerang (UMT) menyampaikan komitmen untuk membangun Pesantren Bumi Perkemahan Pandu Hizbul Wathon di lahan wakaf itu. Dalam forum ini, hadir pula Bupati Solok Capt Epyardi Asda. ***

Iklan