Dadang Kahmad Imam dan Khatib Idul Adha 1444 H di Muhammadiyah Sorong. Ini Pesannya!

Notification

×

Iklan

Iklan

Dadang Kahmad Imam dan Khatib Idul Adha 1444 H di Muhammadiyah Sorong. Ini Pesannya!

Rabu, 28 Juni 2023 | 16:07 WIB Last Updated 2023-06-28T09:07:51Z


SORONG
- Jemaah Muhammadiyah Kota Sorong, Papua Barat Daya melaksanakan salat Idul Adha 1444 H di halaman kampus Universitas Muhammadiyah (Unamin). Idul Adha ini dinilai menjadi momen menanamkan kekuatan agama dalam diri.


Di halaman kampus Unamin Sorong, jalan Pendidikan, Km 8, Kota Sorong, Rabu (28/6/2023), jemaah mulai berdatangan di lokasi pada pukul 06.30 WIT. Para jemaah langsung mengisi saf yang telah ditandai.


Tampak jemaah laki-laki meluruskan saf dengan menghadap ke jalan, sementara jamaah wanita menyesuaikan di belakang.


Pelaksanaan salat Id dimulai pada pukul 07.20 WIT dengan imam H Dadang Kahmad yang merupakan Pimpinan Pusat Muhammadiyah sekaligus bertindak sebagai khatib.


Dalam khutbahnya, Dadang Kahmad mengatakan umat muslim harus memperkuat ukhuwah keislaman dengan baik. Dia meminta agar umat muslim menanamkan dalam diri agama yang kokoh dan kuat.


"Kita harus beragama dengan baik harus kuat dan kokoh dalam beragama," kata Dadang, Rabu (28/6/2023).


Dia juga menekankan pentingnya berbuat baik kepada sesama. Terutama dengan menumbuhkan rasa saling toleransi di momen Idul Adha ini.


"Kita harus memberikan pertolongan-pertolongan bagi orang yang kekurangan yang perlu pertolongan kita baik harta jiwa maupun tenaga dan pikiran kita," tuturnya.


Dia melanjutkan sebagai warga negara perlu menjaga persatuan dan kesatuan menjelang tahun politik 2024.


"Jelang tahun politik akan terjadi perbedaan-perbedaan kepentingan politik tapi tetap jangan menjadikan kita warga negara sampai tercerai-berai. Kita juga, harus terus berjuang untuk kemajuan bangsa dan negara walaupun dengan susah dirasakan. Karena, perjuangan itu harus susah dirasakan," ungkapnya.


Lebih lanjut, Dadang mengaku sangat bersyukur dengan pelaksanaan salat Id yang bertepatan dengan hari raya Idul Adha di Arab Saudi, Mekkah.


"Ini sangat luar biasa, banyak jamaah di sini. Karena jemaah haji sedang berkumpul di Mekkah hari ini dan kemarin kita puasa Arofah yang bertepatan dengan wukuf di Arofah," tutupnya. * (dtk)