Musycab Sukses Lahirkan Nahkoda Baru PCM-PCA Pekuncen Banyumas

Notification

×

Iklan

Iklan

Musycab Sukses Lahirkan Nahkoda Baru PCM-PCA Pekuncen Banyumas

Selasa, 29 Agustus 2023 | 12:01 WIB Last Updated 2023-08-29T05:01:34Z


BANYUMAS
- Kesuksesan Musyawarah Cabang (Muscab) Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (PCM-PCA) Pekuncen periode Muktamar ke-48 ditandai dengan telah ditetapkannya Ketua PCM baru terdiri dari Basirin, S.Pd.I (Ketua), Ma'arifuddin, M.Pd., (Sekretaris) dan H. Misbah (Bendahara), sedangkan Ketua PCA, Hj. Dwiana Rosna Devianti dan sekretaris Hj. Kamsinah. Kegiatan berlangsung pada Sabtu, (26/08/2023) wilayah PR Kalimanggis, Desa Pekuncen, Kecamatan Pekuncen, Banyumas. 


Dikatakan Ketua PCM Periode 48, H. Basirun, S.Pd.I saat menyempaikan pidato iftitahnya, indikasi kesuksesan perhelatan muscab, selain menjalankan tiga agenda utama, yakni penyampaian laporan pertanggungjawaban periode sebelumnya, pemilihan ketua periode mendatang serta penyusunan program, juga agenda yang tidak kalah penting adalah penyelenggaraan berbagai kegiatan syiar pra musycab. 


"Alhamdulillah kegiatan pra musycab sangat sukses karena semua perwakilan ranting Muhammadiyah, 'Aisyiyah dan ortom serta AUM tumpah meruah dalam pawai dan jalan sehat yang menjadi tontonan masyarakat di sepanjang desa di wilayah kecamatan Pekuncen yang dilewati," terangnya.


Pembukaan Musycab dilakukan oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Banyumas, Drs. H. Agus Miftah dihadiri segenap  PCM dan PCA Pekuncen periode Muktamar 47, para utusan dari PRM dan PRA se Kecamatan Pekuncen, perwakilan Ortom, tokoh Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah serta tamu undangan terdiri dari Forkompimcam Kecamatan Pekuncen, Kepala Desa Pekuncen, Ketua Tanfidhiyah MWC NU dan Muslimat serta Pengurus Anak Ranting NU dan Muslimat serta Banser Pekuncen. 


Dijelaskan Ketua Panitia, Drs. Gatot Susanto, M.Pd. Memeriahkan pra Musycab selain pawai dan pembagian hadiah juga digelar bazar UMKM di kanan kiri jalan di bawah naungan tenda yang dipasang di sepanjang jalan lebih kurang 150 meter menuju area Musycab. Juga ada pemeriksaan kesehatan oleh Tim Kesehatan dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) serta pembuatan logo dan Themesong khusus Musycab PCM Pekuncen yang dalam syairnya menyertakan bahasa jawa dialek Banyumasan atau Ngapak. 


Sebagai pengibar bendera tanda pemberangkatan Pawai dilakukan oleh Kapolsek Pekuncen, Siswanto, S.Pd. yang didampingi Danramil, Ketua PCM, Komandan Kokam dan panitia.

 

“Saya merasakan menjadi ketua Musycab Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah itu teraasa ringan. Karena semua komponan yang ada bergerak secara bersama-sama. Betu-betul merupakan kerja yang integral dan bersama-sama,” katanya.


Dalam kegiatan musyawarah cabang Muhammadiyah Pekuncen ini diawali dengan laporan pertanggungjawaban pimpinan di periode muktamar ke 47, antara lain meliputi laporan pengembangan amal usaha seperti Panti Asuhan Putri, pembangunan gedung TPQ dan laporan pengembangan ranting yang kini secara administratif tercatat ada 10 ranting. Selain itu dilanjutkan dengan menyusun garis-garis besar program untuk periode muktamar berikutnya, mengevaluasi kinerja organisasi dan melakukan konsolidasi, serta memilih pimpinan baru.


PDM Banyumas, Agus Miftah dalam sambutannya mengajak segenap musyawirin supaya dalam membuat program sesuai kebutuhan, adanya kegiatan yang berkesinambungan, menjadikan kepengurusan di tingkat bawah sebagai ujung tombak dan agar segera dilaksanakan musyawarah ranting setelah selesainya musycab.***(Tarqum/Hamidin)