Iklan

Iklan

,

Iklan

Syamsul Ulum

Amal Kebaikan di Bulan Ramadhan

Redaksi
Rabu, 13 Maret 2024, 13:55 WIB Last Updated 2024-03-13T06:55:36Z


Oleh: Prof KH Dadang Kahmad,
Ketua PP Muhammadiyah


BANDUNG – Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan keberkahan. Datangnya bulan mulia ini sangat dinantikan oleh semua umat Islam di seluruh dunia.


Di bulan suci ini, menurut Rasulullah SAW, dibuka lebar pintu surga, ditutup rapat pintu neraka, setan-setan dibelenggu, dan ada satu malam yang lebih baik daripada seribu bulan.


Oleh karena itu, wajib kita untuk menyambut bulan suci Ramadhan dengan baik. Kemudian mengisinya dengan amalan-amalan yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW sehingga kita bisa memperoleh berkah pahala dan ampunan dari Allah SWT.


Membaca Al-Quran


Di samping puasa, kita juga dianjurkan untuk membaca Al-Quran (qira’atul qur’an). Pasalnya, pada Ramadhan inilah Allah SWT menurunkan Al-Quran.


“Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Quran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil).” (QS Al-Baqarah [02]: 185).


Oleh sebab itu, pada bulan Ramadhan ini, hendaklah kita mengintensifkan membaca Al-Quran. Tentu di samping membaca mushaf dan artinya, kita juga sejatinya mentadaburi isi kitab suci Al-Quran.


Salat malam


Amalan selanjutnya yakni qiyamul lail atau salat malam. Kita mungkin sudah terbiasa salat malam di bulan-bulan selain Ramadhan. Namun, pada bulan Ramadhan, salat malam harus kita intensifkan secara maksimal.


“Barang siapa beribadah (menghidupkan) bulan Ramadhan dengan iman dan mengharap pahala, Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR Bukhari dan Muslim).


Berlipatnya pahala sedekah


Amalan selanjutnya ialah sedekah. Meskipun sedekah di bulan-bulan lain juga memiliki nilai tinggi, tetapi sebaik-baik sedekah, kata Rasuluallah SAW, yakni sedekah pada bulan Ramadhan.


Umat Islam sejatinya bisa meningkatkan lagi sedekah di bulan Ramadhan. Pasalnya, Allah SWT akan meningkatkan pahala dan balasan luar biasa atas sedekah tersebut.


Iktikaf di masjid


Amalan selanjutnya ialah iktikaf untuk beribadah di masjid. Iktikaf di masjid merupakan anjuran Islam yang sangat luar biasa bagus untuk kita laksanakan.


Kalau kita setiap hari di bulan lain, misalnya ketika Zuhur mungkin hanya iktikaf lima hingga sepuluh menit, pada Ramadhan ini iktikaflah minimal satu jam. Tentu di samping nanti iktikaf-iktikaf yang dilakukan pada sepuluh malam terakhir Ramadhan.


Itu pun berlaku bagi orang-orang yang tidak memiliki pekerjaan yang menyita waktu. Namun, kalau kita punya pekerjaan yang minta waktu, lebih baik kita mengutamakan pekerjaan.


Oleh karena itu, sekali lagi marilah kita semua isi bulan Ramadhan ini dengan amalan-amalan yang baik. Terutama berbuat baik kepada sesama di samping hablum minallaah (hubungan baik terhadap Allah SWT).


Dengan amalan seperti itu, insyaallah puasa dan ibadah kita di bulan suci Ramadhan ini akan menjadi ibadah dan puasa yang bermakna di sisi Allah SWT.


Semoga Allah SWT memberikan perlindungan dan menerima amal kita serta mengampuni segala kesalahan kita. Amin.***

Iklan