Sambut 1700 Mahasiswa Baru, UM Bandung Selenggarakan PesonaMu 2022

Notification

×

Iklan

Iklan

Sambut 1700 Mahasiswa Baru, UM Bandung Selenggarakan PesonaMu 2022

Rabu, 21 September 2022 | 13:31 WIB Last Updated 2022-09-21T06:31:55Z


Universitas Muhammadiyah Bandung (UMB) sukses menyelenggarakan kegiatan pembukaan PesonaMu 2022 pada Rabu, (21/09/2022). Total ada 1700 Mahasiswa baru yang hadir dalam pembukaan PesonaMu kali ini.


PesonaMu sendiri merupakan kegiatan UMB dalam rangka mengenalkan para mahasiswa baru kepada lingkungan dan identitas kampus selama 4 hari mulai dari hari Rabu s,d Sabtu/21-24 November 2022.


Pada PesonaMu tahun ini tema yang diangkat adalah “Yang Muda yang Berkarya, Beraksi, dan Berkolaborasi.”


Adapun Pembukaan PesonaMu 2022 diadakan di aula UMB mulai pukul 08.30 WIB dengan dibuka langsung oleh rektor UMB, Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc., IPU bersama para tamu undangan.


Dalam sambutannya, Prof. Dr. Ir. Herry mengingatkan agar setiap mahasiswa baru memiliki kemampuan adaptif dalam segala kondisi. Hal ini menjadi penting untuk menghadapi perubahan kondisi zaman yang kerap kali sulit ditebak kapan terjadi.


“Seperti yang kita ketahui pergeseran penduduk di dunia ini terus terjadi, dari desa ke kota. Jumlah penduduk bumi juga meningkat tajam, oleh karenanya saudara sekalian perlu menyiapkan diri untuk situasi yang penuh ketidakpastian di masa yang akan datang.”


“Kalian harus mempunyai orientasi masa depan, mindset yang adaptif, komitmen yang tinggi, kegiatan yang nyata, kolaborasi, dan kemampuan menyelesaikan masalah yang kompleks, yang pada masa yang lalu mungkin belum pernah kita hadapi,”tambahnya.


Beliau pun berharap setiap mahasiswa baru dapat memanfaatkan waktu kuliah sebaik-baiknya guna mengembangkan diri menjadi individu hebat dan berkualitas di masa depan.


“Empat tahun saudara sekalian di kampus ini akan sangat bermakna, saya harap akan menjadi kurun waktu yang penuh romantika dan dinamika. Manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya untuk belajar, menggali ilmu, meningkatkan kapasitas diri, dan membangun jejaring. Waktu 4 tahun akan berlalu sia-sia jika tidak dimanfaatkan sebaik-baiknya,” pesannya.


Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Barat, Ir H Suhada yang turut hadir memberikan sambutan mengatakan bahwa Muhammadiyah memiliki berbagai Amal Usaha Muhammadiyah yang tersebar di mana-mana, sehingga para mahasiswanya sebagai calon penerus amal usaha tersebut mestilah memiliki kompetensi yang bermutu.


“Karena dalam perspektif dakwah Muhammadiyah, bahwa amal usaha itu merupakan ujung tombak, tentu mahasiswanya tidak boleh berprestasi asal-asalan, tetapi harus memperlihatkan kapasitas yang memadai untuk dakwah dalam konsep Islam berkemajuan,“ ungkap Suhada.


Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Prof. Dadang Kahmad pada sambutannya juga berpesan kepada para mahasiswa baru untuk memiliki niat ibadah dalam berkuliah.


“Silahkan anda belajar disini, niatnya harus diubah, bukan niat untuk mencari ijazah, itu mah gampang, tapi yang harut pertama diubah adalah niat ibadah, bahwa segala sesuatu dalam Islam itu ialah ibadah kepada Allah Swt, termasuk belajar ini,” ujar Prof Dadang.


Dirinya pun mendorong para Mahasiswa baru agar memiliki semangat menuntut ilmu yang tinggi demi menyongsong masa depan.


“Semangat belajar itu harus menggebu-gebu dalam diri kita, jangan terlalu mengandalkan dosen, tapi yang kita kehendaki adalah anda punya kemandirian untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya. Maka dari itu, saya mohon anda mempunyai kegemaran untuk membaca” pungkasnya.


Setelah pembukaan, PesonaMu kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi yang dibawakan oleh Atalia Praratya. S.IP., M.I.Kom. selaku Ketua PKK dan Bunda Literasi Provinsi Jawa Barat sekaligus bintang tamu pada PesonaMu 2022.


(Aqbil WAK/muhammadiyah-jabar.id)