UAD Kampus Muhammadiyah yang Go Internasional, Ikuti Konsorsium di Spanyol

Notification

×

Iklan

Iklan

UAD Kampus Muhammadiyah yang Go Internasional, Ikuti Konsorsium di Spanyol

Jumat, 14 Oktober 2022 | 16:37 WIB Last Updated 2022-10-14T09:37:05Z


Yogyakarta
- Universitas Ahmad Dahlan (UAD) sukses meraih hibah Erasmus Plus Uni Eropa bersama dengan enam perguruan tinggi Indonesia lain yang terdiri atas President University, Universitas Islam Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Semarang, Universitas Padjajaran, dan STIE Malangkucewara.


Sebagai tindak lanjut, tujuh kampus ini mendapatkan kesempatan untuk mengikuti program Indonesia Higher Education Leader (iHiLead) yang digelar di University of Granada, Spanyol (26‒30/09/2022).


iHiLead merupakan sebuah pelatihan kepemimpinan dan manajemen bagi perguruan tinggi. Selama berlangsungnya kegiatan, perwakilan dari masing-masing universitas akan mendapat pembekalan dari narasumber yang kompeten. 


Selain Indonesia, tiga perguruan tinggi asing juga mengikuti program ini, mereka adalah University of Gloucestershire, International School for Business and Social Studies (ISBSS) Slovenia, dan University of Granada. Nantinya, pelatihan ini akan dilakukan secara bergilir setiap tahunnya di masing-masing negara peserta konsorsium.


Dalam upacara pembukaan yang digelar di Gedung Espacio V Centenario, Granada (26/09), Tjitjik Srie Tjahjandarie selaku Pelaksana Tugas Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi mengungkapkan bahwa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) sangat mengapresiasi hibah program iHiLead dari Eramus Plus Uni Eropa.


“Program ini diharapkan dapat dirasakan manfaatnya bagi seluruh perguruan tinggi di Indonesia untuk proses pengembangan menuju perguruan tinggi kelas dunia,” jelas Tjitjik.


Sementara untuk perwakilan dari University of Granada selaku tuan rumah, Irene Pedreira Romero hadir sebagai representatif. Atas nama universitasnya, Irene mengatakan bahwa mereka menyambut baik kedatangan delegasi dari Kemendikbudristek dan tujuh perguruan tinggi Indonesia sebagai anggota konsorsium iHiLead.


“iHiLead sangat penting untuk menjawab tantangan kemampuan kepemimpinan dan manajerial perguruan tinggi di Indonesia,” tandasnya.


Sumber: muhammadiyah.or.id