Universitas Teknologi Muhammadiyah Jakarta (UTMJ) Resmi Dilaunching

Notification

×

Iklan

Iklan

Universitas Teknologi Muhammadiyah Jakarta (UTMJ) Resmi Dilaunching

Senin, 06 Februari 2023 | 09:09 WIB Last Updated 2023-02-26T04:16:41Z


JAKARTA
– Universitas Teknologi Muhammadiyah Jakarta (UTMJ) resmi diluncurkan pada Sabtu (4/2/2023). UTMJ sendiri berasal dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Jakarta, UTMJ memperoleh izin berdiri sebagai universitas berdasarkan SK Kemenristek Dikti RI tertanggal 27 Desember 2022.


Bertempat di Gedung Dakwah Muhammadiyah Jakarta, grand launching UTMJ dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI, Muhadjir Effendy.


Dalam orasi ilmiahnya, Menko PMK, Muhadjir Effendy mengatakan bahwa kehadiran Revolusi Industri 4.0 menegaskan fenomena abad kreatif yang menempatkan informasi, pengetahuan, kreativitas, inovasi, teknologi digital dan jejaring sebagai sumberdaya strategis bagi individu, masyarakat, korporasi, maupun negara.

 

Perubahan STIE Muhammadiyah Jakarta menjadi UTMJ, kata dia menguatkan core bisnis lembaga pendidikan Persyarikatan ini untuk berada di garda depan dalam membangun transformasi teknologi Indonesia.


“Saat ini, kita selalu dituntut untuk berpikir kreatif sebagai upaya kita untuk memecahkan masalah yang baru dalam kehidupan sehari-hari,” Jelasnya.


Kehadiran teknologi digital di era revolusi industri 4.0, kata dia harus dimanfaatkan untuk mewujudkan ekonomi kreatif di Indonesia. Namun bersamaan itu, teknologi juga berpotensi mengambil alih pekerjaan manusia sehingga dapat menimbulkan masalah baru yang butuh perhatian bersama.


“Maka dari itu pentingnya penggunaan teknologi secara bijak dan sebagai pendukung kinerja, kita jangan sampai di ‘dikte’ oleh teknologi karena kita-lah kreatornya (penciptanya),” pesannya.


Lebih lanjut, Muhadjir mengatakan bahwa penggunaan teknologi ke depan harus dilakukan secara bijak untuk mengembangkan kearifan lokal dan menjadikan ekonomi kreatif sebagai tulang punggung ekonomi Indonesia di pasar global.


Tugas bersama itu, dia harapkan dapat digarap dengan baik oleh UTMJ. Sehingga nantinya ekonomi kreatif dapat menjadi pilar utama untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi yang inklusif.


“Tugas kita semua adalah bagaimana memanfaatkan produk kearifan lokal di Indonesia, lalu dikemas sebaik mungkin kemudian di pasarkan secara global melalui penggunaan teknologi digital,” tegasnya.


Pada acara tersebut turut hadir pula Para Anggota DPR RI Primus Yustisio, Eko Hendro Purnomo, Himatul Aliyah, Perwakilan LLDikti Wilayah III Noviyanto, Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah Sudarnoto Abdul Hakim, Rektor Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur Bambang Setiaji, dan Rektor Universitas Teknologi Muhammadiyah Jakarta Lela Nurlaela Wati beserta jajarannya.


Adapun lokasi kampus UTMJ, beralamatkan di Jl. Sungai Kendal No 146 RT 01/08 Kel Rorotan.1, RT.1/RW.10, Manggarai, Kec. Cilincing, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, 14140. ***