Iklan

Iklan

,

Iklan

Mantap! RSIJ Cempaka Putih 10 Besar Rumah Sakit Terbaik di Indonesia

Redaksi
Sabtu, 24 Juni 2023, 09:43 WIB Last Updated 2023-06-24T02:43:41Z


JAKARTA
– Memasuki usia ke-51 tahun, Rumah Sakit Islam Jakarta (RSIJ) Cempaka Putih meraih prestasi dengan masuk dalam 10 besar rumah sakit terbaik di Indonesia versi Lembaga independen internasional bentukan Cybermetrics, Hospital Webometrics.


Dalam rilis tersebut, RSIJ Cempaka Putih menempati posisi ketujuh. Hospital Webometrics menilai dari berbagai faktor seperti publikasi ilmiah, interaksi di media sosial, produktivitas penelitian, ketersediaan teknologi medis, hingga kualitas layanan rumah sakit.


“Masuk dalam top 10 tidak membuat kita besar kepala, mudah-mudahan tahun depan kita bisa masuk ke top 5 Indonesia,” syukur Direktur Utama RSIJ Cempaka Putih, dr. Pradono Handojo.


Pada puncak acara Milad 51 tahun RSIJ Cempaka Putih, Jumat (23/6/2023), Pradono menyebut jika capaian tersebut bukanlah hal mudah. Pasalnya RSIJ harus bersaing dengan rumah sakit elit yang didukung oleh modal super besar.


Sebagai lembaga non-profit, capaian ini dia harapkan memacu 125 rumah sakit yang dimiliki oleh Persyarikatan Muhammadiyah untuk saling membangun jejaring sinergi lebih kuat. Tantangan bagi Muhammadiyah kata dia bukanlah dalam melakukan pembangunan, tapi membuat kualitas layanan yang unggul. Fokus inilah yang menurutnya sedang diakselerasi oleh RSIJ.


“Bagaimana agar kita tetap berkemajuan dan tetap memperoleh kemajuan-kemajuan yang diperoleh oleh saudara kita itu. Sehingga RSIJ nanti selain ada amalnya (dimensi pahala), ada juga usahanya (dimensi duniawi),” tegas Pradono menjelaskan makna ‘amal usaha’.


Pada milad ini, RSIJ mencatat telah memiliki 314 tempat tidur dengan fasilitas lengkap dan mutakhir. Memiliki ratusan dokter dan perawat berdedikasi tinggi dalam budaya kerja API (Aplikasi Pelayanan Islami). Hadirnya alat canggih Cath Lab, Capsule Endoscopy, rekam medis elektronik terbaru.


Di samping itu, RSIJ juga memperluas layanan baru seperti Raudhah Orthopaedic and Traumatology Centre dan membuka Paviliun New Muzdalifah. Lalu menambahkan kapasitas ICU menjadi 21 bed, ICU Isolasi berkapasitas 3 bed dan ICU VIP berkapasitas 1 bed. Fasilitas pendukung juga ditambahkan. Kinerja para pegawai dan pelayanan diintegrasikan dengan beragam aplikasi seperti Motion, Marvel, Zeta, dan Prioritas.


“Mudah-mudahan kita bisa berkhidmat untuk masuk top 5 tahun depan bersama-sama teman-teman RSIJ yang lain dan InsyaAllah tahun depan kita punya gedung baru IGD 6 lantai. InsyaAllah diresmikan pada milad tahun depan,” pungkas Pradono.


Pada acara ini, hadir Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, Ketua MPKU PP Muhammadiyah Agus Samsudin, anggota BPH Izzul Muslimin dan M. Ziyad, mantan Mensesneg RI, Dipo Alam, Dewas BPJS RI, hingga Walikota Jakarta Pusat, Dhany Sukma. Sebelum acara puncak ini, milad RSIJ Cempaka Putih sendiri dimeriahkan oleh 12 rangkaian acara. ***(afn)

Iklan