TouringMu, Rihlah Dakwah Mencerahkan Muhammadiyah Kota Bandung!

Notification

×

Iklan

Iklan

TouringMu, Rihlah Dakwah Mencerahkan Muhammadiyah Kota Bandung!

Minggu, 20 Agustus 2023 | 12:26 WIB Last Updated 2023-08-20T05:26:29Z


BANDUNG
- Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-78, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Bandung menggelar acara simpatik yaitu program TouringMu rihlah ke Pantai Pangandaran pada Sabtu-Ahad, 19-20 Agustus 2023. Kegiatan ini diikuti oleh 85 motor, 10 mobil dengan jumlah peserta mencapai 174 orang. 


Dilepas oleh ketua PDM Kota Bandung di Komplek Pendidikan Muhammadiyah Antapani pada Sabtu Pagi, rute yang dilewati Nagreg-Garut-Salawu-Tasik-Manonjaya-Cimaragas-Pamarican-Banjar-Pangandaran. 


Rombongan menyempatkan bersilaturahmi bersama Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan 'Aisyiyah Kabupaten Ciamis di Kampung Teratai Cimaragas Ciamis, sekalian istirahat makan siang. Rombongan diterima langsung ketua PDM Kabupaten Ciamis, dr. Ridwan. 


Selain dengan PDM-PDA Ciamis, peserta juga bersilaturahim bersama PDM-PDA Kabupaten Pangandaran yang dipimpin  langsung oleh ketua PDM Bapak Undang, di hotel tempat rombongan menginap. 


Pada malam hari, acara diisi oleh Makrab (Malam Keakraban) sesama peserta. Tausyiah Mudzakarah Kemerdekaan disampaikan oleh UAS/Ustadz Ating Suwardi, selalu ketua Lembaga Dakwah Komunitas PDM Kota Bandung. 


Dengan dipandu oleh Entoh Wahyu, salah satu Anggota Pleno PDM Kota Bandung, puncak Makrab diisi dengan pembagian Doorprize dengan iringan musik yang menghibur. Doorprize utama diberikan kepada peserta senior yang tak lain Penasehat PDM /mantan ketua PDM Kota Bandung H. Tjutju Sachrum. Doorprize utama kedua diberikan kepada sejoli pasangan Lansia yang berboncengan, H. Soetopo dan Hj. Hotin. 


Puncak acara TouringMu digelar di Pantai Barat pada Ahad Pagi. Aksi simpati Gerakan Pungut Sampah mengundang perhatian pengunjung. 


"Tidak ada satu kegiatan pun dalam Muhammadiyah yang tidak memiliki nilai positif. Kendati tujuan kita kesini adalah dalam rangka refreshing mensyukuri Kemerdekaan, syi'ar dakwah Muhammadiyah tetap tersampaikan melalui Gerakan Pungut Sampah, " Kata H. Zainal Ihsan, ketua PDM kota Bandung. 


Komarudin Aripin selaku Ketua Majelis Lingkungan Hidup bersama Purwanto, selaku Korbid yang membidangi LSBO dan MLH memimpin GPS selama kurang lebih 30 menit. Setiap peserta diberi kantong sampah, dan dalam waktu sekejap kantong Sampah itu penuh berisi sampah yang berserakan di pantai. 


PDM kota Bandung membina berbagai komunitas diantaranya komunitas Gowes, Komunitas Futsal, komunitas Mancing, komunitas Touring dan komunitas lainnya. 


"Dalam sejarah perTouringan, TouringMu kali ini merupakan touring yang paling banyak pesertanya" Kata Budi Sadarman, sebagai Ketua Panitia. 


Rombongan akan meninggalkan pantai Pangandaran pada Ahad siang dengan rute jalur selatan, istirahat di Masjid Al-Jabbar Pantai Karang Tawulan Tasik, melalui Pamijahan-Salopa-Mangunreja-Cilawu-Garut-Nagreg dan kembali ke kota Bandung. Perkiraan rombongan akan kembali ke Bandung pada Ahad Malam.***(Rilis Media PDM Kota Bandung)