Serunya Perkemahan Sabtu Ahad Hizbul Wathan di Ponpes Daarul Ulum Muhammadiyah Majenang Cilacap

Notification

×

Iklan

Iklan

Serunya Perkemahan Sabtu Ahad Hizbul Wathan di Ponpes Daarul Ulum Muhammadiyah Majenang Cilacap

Selasa, 19 September 2023 | 11:48 WIB Last Updated 2023-09-19T04:48:52Z


CILACAP
-- Sebanyak 285 kader HW Qobilah Jenderal Sudirman dan Fatmawati Pesantren Daarul ‘Ulum Muhammadiyah Majenang Cilacap ikuti Kegiatan Persahad (Perkemahan Sabtu-Ahad) selama dua hari, 16-17 September 2023 di Halaman Pesantren yang berlangsung meriah, Ahad, (17/9/2023).


Persahad (Perkemahan Sabtu-Ahad) ini merupakan salah satu kegiatan puncak dari Qobilah Jenderal Sudirman dan Fatmawati yang diikuti oleh 200 santri jenjang MTs dan 85 santri jenjang MA. Kegiatan yang mengusung tagline “HW Jiwaku, Mandiri dan Kreatif Karakterku” dibuka oleh Mudir Pesantren Daarul ‘Ulum Muhammadiyah Majenang Cilacap, Kyai Aly Syahbana, SE, MM.


Mudir Pesantren DUM Majenang dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan Persahad ini akan sangat bermanfaat untuk membangun dan mengokohkan karakter seorang santri sekaligus sebagai kader Hizbul Wathon.


“Ikutilah kegiatan Persahad ini dengan tertib dengan terus berpegang teguh pada undang undang dan janji Pandu HW, sehingga akan dapat meneladani tokoh-tokoh pendahulu HW seperti Jenderal Sudirman, Bapak Hizbul Wathon kita semua”, tegasnya.


Kegiatan dibuka lewat Upacara dilanjutkan perlombaan dan pemberian materi ke-HW-an, Ketauhidan dan Ke-Islaman. Pada malamnya diisi kegiatan puncak acara dengan unggun gembira dan pentas seni dari masing-masing pewakilan Qobilah. 


Menurut Pembina Qobilah Jenderal Sudirman, Ramanda Fadil Raiq Kurniawan tujuan diadakannya kegiatan Persahad (Perkemahan Sabtu-Ahad) ini adalah dalam rangka penerimaan anggota baru Qobilah Jenderal Sudirman dan Qobilah Fatmawati, baik tingkat MTs maupun MA yang bernaung di Pesantren Daarul ‘Ulum Muhammadiyah Majenang Cilacap.


“Kami berharap semoga kegiatan Persahad (Perkemahan Sabtu-Ahad) ini dapat semakin menguatkan jiwa leadership seluruh anggota kedua qobilah, di samping mampu menjadi media untuk memperkokoh pola komunikasi dan memperkuat mental serta kemandirian seluruh anggota Hizbul Wathon”, ungkapnya.


Ibunda Reni Utami selaku Pembina Qobilah Fatwati menyampaikan bahwa Persahad (Perkemahan Sabtu-Ahad) akan menjadi piranti kuat dalam meneladani pola gerakan para pendahulu HW sebagai langkah awal penguatan karakter dan alkhlakul karimah kader HW Pesantren Daarul ‘Ulum Muhammadiyah Majenang Cilacap. 


“Kegiatan ini sangat bermanfaat yang akan membuat para kader HW merasa senang dan semakin gembira. Dengan demikian, seluruh anggota HW akan lebih bersemangat lagi berjuang di organisasi kepanduan Hizbul Wathon, sehingga diharapkan akan lahir kader HW yang religius, mumpuni dan berkeadaban,” paparnya. 


Selama dua hari, mereka mengadakan berbagai kegiatan mulai dari upacara pembukaan persahad, permainan besar, api unggun, pensi, renungan malam dan jelajah alam. Kegiatan ini menjadi salah satu kegiatan yang senantiasa dinanti oleh seluruh kader HW siswa karena sangat mengasikan dan memberi banyak manfaat berupa kedisiplinan, kemandirian dan tanggung jawab serta pembentukan karakter diri.


Sabrina Aulia, salah satu peserta persahad menyampaikan pesan dan kesan serta kenangan yang ia peroleh dari kegiatan tersebut.


“Banyak pengalaman dan materi yang saya peroleh dari kegiatan persahad kali ini yang membuat saya semakin cinta kepada kepanduan Hizbul Wathan. Hal ini saya rasakan saat menjelajah alam mengelilingi kota kecil Majenang yang sangat menyenangkan dan penuh cerita amat mengesankan sekaligus menegangkan”, terang santri Kelas XI asal Propinsi Riau.


Ungkapan yang senada dikemukakan oleh Dzaky Rafif Kelas 8:


“Semoga setelah mengikuti Persahad ini, kekompakan dan semangat kita semua tidak berhenti sampai disini saja. Persahad ini mari jadikan media awal untuk terus tingkatkan semangat juang dan terus berlatih HW di qobilahnya masing-masing”, ungkap santri Kelas 8 asal Mentaya Hulu Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah.


Acara ditutup dengan kegiatan outbound di lapangan Selis, Losari dan Sungai Cijalu, Majenang yang sudah dipastikan keamanannya oleh panitia dengan dipandu pembina dan pendamping.***(Tarqum Aziz)