Kepala Desa Langkap: Muhammadiyah Langkap adalah Ranting Tua yang Penuh Dinamika dan Terus Bersinar

Notification

×

Iklan

Iklan

Kepala Desa Langkap: Muhammadiyah Langkap adalah Ranting Tua yang Penuh Dinamika dan Terus Bersinar

Senin, 09 Oktober 2023 | 11:57 WIB Last Updated 2023-10-09T04:57:40Z


BREBES
– Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) dan Pimpinan Ranting Aisyiyah (PRA) Langkap Cabang Bumiayu Daerah Brebes mengadakan Musyawarah Ranting (Musyran) secara bersamaan di MI Muhammadiyah Langkap, Ahad (8/10/2023 M/22 Rabi'ul Awal 1445 H).


Musyran yang mengusung tema “Memajukan Langkap Mencerahkan Semesta” dibuka langsung Ketua PCM Bumiayu, Drs.H.Sukmono dan diikuti oleh 350 peserta.

Kepala Desa Langkap, Mustholih dalam sambutannya menyampaikan perlunya sinergi kerja antara Muhammadiyah, NU dan Pemerintah Desa dalam membangun Desa dan memberdayakan masyarakat dengan kuatkan ukhuwah Islamiyah di antara kita.


“Hari ini adalah Hari yang menentukan untuk periode mendatang untuk melahirkan pimpinan berikutnya, melanjutkan, mengevaluasi program sebelumnya dan menentukan program ke depan yang lebih dapat memberdayakan umat dan mencerahkan semesta sesuai tagline yang diusung” tuturnya.


Abdul Mukti, S.Pd selaku ketua PRM Langkap dalam sambutannya menyampaikan bahwa ranting Muhammadiyah Langkap berdiri sejak tahun 1935 dan kini telah berusia 88 tahun.


“Hari ini adalah hari bersejarah untuk ranting Langkap yang terus membaur hingga datangnya musyran kali ini. Semoga semua peserta dapat mengikuti acara ini sampai selesai karena bapak dan ibu sekalian adalah manusia pilihan yang telah dipilih menjadi garda depan gerakan dakwah persyarikatan Muhammadiyah di Desa Langkap ini. Apa yang telah kita lakukan untuk gerakan dakwah ini, semoga akan menjadi ladang pahala yang terus mengalir tiada henti.” Ungkapnya.


Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Bumiayu, Drs.H.Sukmono dalam sambutannya menyampaikan bahwa Musyawarah Ranting Muhammadiyah dan Aisyiyah Langkap adalah Musyran Perdana atau pertama kali yang digelar di wilayah PCM Bumiayu. 


“Ini adalah Musyran perdana dalam PCM Bumiayu yang masa jabatannya menjadi 7 tahun karena dapat bonus akibat adanya covid 19. Semoga Musyran kali ini akan menjadi penguat dalam membangun sinergi dan kolaborasi antara Muhammadiyah, NU dan Pemerintah Desa langkap. Ketika sinergitas kerja ini terjalin baik dan menguat, maka laksana Matahari yang terus menyinari Bumi agar semakin subur hingga menghantarkan penghuni Bumi semakin terberdayakan dan tercerahkan hati, pikiran, dan aksinya sehingga gerakannya dakwahnya selalu mengedepankan pendekatan persuasif dengan balutan akhlakul karimah,” tegasnya.


Prosesi musyawarah ranting berjalan dengan lancar hingga sampai pada penyampaian Laporan Pertangjawaban Ranting masa bakti 2015-2022 yang berlanjut dengan agenda pemilihan Pimpinan Ranting Muhammadiyah dan Aisyiyah langkap Periode 2022-2027.


Jarwoto selaku Ketua Panitia menjelaskan bahwa Musyran Muhammadiyah Langkap telah berhasil memilih 9 formatur dari 25 calon tetap. Sedangkan Musyran Aisyiyah Langkap telah memilih 5 formatur dari dari 36 calon tetap.


9 formatur terpilih dalam Musyran Muhammadiyah Langkap adalah Jarwoto (71 Suara), Jejek Purnama, S. Pd (68 Suara), Ari Ismawan SE (64 Suara), Kusnan, S.Pd.I (56 Suara), M Nasir (50 Suara), Masruri, S. Pd (48 Suara), Nur Kholis, ST (44 Suara), Bani Sadar (41 Suara), dan Taksan, S.Pd.I (38 Suara). Sementara 5 formatur terpilih dalam Musyran Aisyiyah Langkap adalah Eni Ma'rifah, S Pd (49 Suara), Esiti Aji Hastoningsih, S.Pd (47 Suara), Mursilah, S.Pd (43 Suara), Musofaturohmah, S.Pd (38 Suara), dan Ida Nurnaningsih (28 Suara), tutur Ndan Jarwoto.


Setelah formatur terpilih mengadakan rapat, maka disepakati bahwa Ketua Pimpinan Ranting Muhammadiyah Langkap Periode 2022-2027 diamanahkan kepada saudara Jarwoto didampingi oleh Ari Ismawan SE sebagai Sekretaris dan Jejek Purnama, S. Pd sebagai Bendahara. Sedangkan 5 formatur Pimpinan Ranting Aisyiyah telah menetapkan saudari Eni Ma'rifah, S.Pd sebagai Ketua Pimpinan Ranting Aisyiyah Langkap Periode 2022-2027 didampingi oleh Mursilah, S.Pd sebagai Sekretaris dan Musofaturohmah, S.Pd sebagai Bendahara, ungkap Ndan Jarwoto.


Ketua terpilih PRM Langkap, Jarwoto dalam pidato sambutannya menyampaikan rasa syukur atas amanah yang diberikan kepadanya untuk memimpin organisasi Muhammadiyah Ranting Langkap.


“Terima kasih kepada seluruh warga Muhammadiyah yang telah memberikan ujian sekaligus amanah kepada saya untuk menjadi orang tua bagi warga persyarikatan. Mari kita bangun semangat baru dan terus berusaha keras dalam mencapai tujuan organisasi Muhammadiyah supaya dapat terus memberikan manfaat yang lebih besar dan mengantarkan organisasi ke arah yang lebih maju dan mencerahkan serta memberdayakan umat dengan segala program yang dikawal bersama.


Terima kasih juga saya sampaikan kepada seluruh warga Muhammadiyah dan Aisyiyah Langkap serta Kokam Cabang Bumiayu yang telah bekerja keras, bahu membahu untuk sukseskan Musyran Muhammadiyah dan Aisyiyah Langkap. Semoga jerih payah kita yang sangat lelah ini akan menjadi berkah dan mendapat balasan pahala yang terus mengalir dari Sang Maha Kuasa.  


Musyran yang dilaksanakan pada hari ahad, 8 Oktober 2023 dimulai pada pukul 07.30 WIB hingga pukul 13.35 WIB yang ditutup oleh Wakil Ketua PCM Bumiayu yang membidangi Majelis Tabligh dan Pembinaan Masjid Mushola, Saepudin, S.Pd.I. 


Tampak hadir dalam acara tersebut adalah Pleno PCM Bumiayu yang terdiri dari H. Sukmono (Ketua), Wakil Ketua (Saepudin, Suedi, H. Abdul Mufti, H. Dedy Ihwanudin, dan Emmie Fathunnajah) dan Sekretaris: Indra Purwanto serta beberapa Majelis, di antaranya Majelis Tabligh PPM2 (Mujahidin, Kusnan, M.Taufik dan Faiz Hanani), Majelis Dikdasmen & PNF (Jejek Purnomo dan Abdul Mukti) serta Divisi Jurnalistik Majelis Pustaka & Informasi: Tarqum. Hadir juga Pleno PCA Bumiayu terdiri dari Siti Khasanah (Ketua), Siti Eviatun Amanah (Wakil Ketua I), dan Yenaris Eriyaningsih (Ketua Mejelis Kesehatan), Pleno PRM dan PRA Langkap beserta ortom dan Kepala AUM. Hadir pula Kepala Desa Langkap, Mustholih, Perwakilan Ranting NU Langkap, Muhyidin dan Rais Calma, Perwakilan Ranting Muslimat NU Langkap, Salamah dan Ipah.***(Tarqum Aziz/MPI PCM Bumiayu)