Iklan

Iklan

,

Iklan

114 Santri Tingkat Akhir PPM MBS Bumiayu Brebes Ikuti Haflah Akhirussanah

Redaksi
Selasa, 28 Mei 2024, 13:25 WIB Last Updated 2024-05-28T06:25:45Z


BREBES –
PPM MBS Bumiayu Brebes mewisuda dan melepas sebanyak 114 santri Tingkat SMP dan Tingkat SMA pada acara Haflah Akhirussanah di Gedung Serbaguna LA Bumiayu, Ahad (26/05/2024). 


Acara Haflah Akhirussanah pada hari ini meluluskan 114 santriwan dan santriwati yang terdiri 98 santri Tingkat SMP dan 16 Santri Tingkat SMA. Acara tersebut diawali dengan gema wahyu Illahi yang dilantukan oleh Muhammad Alfairuz Zidan, santri Kelas VII B yang telah hafal 25 Juz. Acara ini terasa semakin hening dan syahdu penuh rasa haru saat hadirin semua menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Muhammadiyah, Mars MBS Bumiayu, proses wisuda dan pembacaan qiro’atul Qur’an oleh para wisudawan secara serentak, ungkap Bambang Wahyu S, M.Pd selaku Ketua Panitia.


Haflah Akhirussanah ini bukan hanya tentang pelepasan dan perpisahan saja, namun yang paling penting adalah tentang evaluasi hasil belajar para santri setelah lulus dari Pesantren. Hal ini terlihat dari sorotan haru dan kebahagiaan ketika ada penghargaan atas perjuangan dan kerja keras para para santri selama ini dalam bidang akademik maupun non akademik, tambah Ustadz Utsman Arif Fatka, Lc, M.Pd selaku Wakil Mudir sekaligus Pengasuh PPM MBS Bumiayu.


“Nilai akademik terbaik tingkat SMP diraih oleh Haidar Yaafi' Nawwaf (Hafalan 7 Juz), Kedua diraih oleh Kenzie Leivi Shidqi (Hafalan 6 Juz), dan peringkat ketiga diraih oleh Araya Malika Hadi (Hafalan 9 Juz). Sedangkan prestasi akademik jenjang SMA, nilai tertinggi diraih oleh Benita Islamiyati (Hafalan 13 Juz), peringkat kedua adalah Rafa Aprilia Bachiatusholihat (Hafalan 14 Juz), dan rangking ketiga diraih oleh Ghina Nurdzihni Izza Azhari (Hafalan 9 Juz). Sementara santri terbaik Pondok Pesantren diraih oleh Ghaitsaa Nibras Yaisy (hafalan 30 Juz), dan M.Rif’atussalaf Lazuardi al-Ghifari (hafalan 10 Juz) untuk jenjang SMA. Sedangkan santri terbaik Pesantren jenjang SMP diraih oleh Rindu Kinasih Maghfiroh (Hafalan 18 Juz) dan Kafkan Aula Wahyu (Hafalan 6 Juz)”, tambahnya.


Mudir PPM MBS Bumiayu, Kiai Sutriyono, S.Ag menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya pada segenap wali santri, panitia, dewan asatid serta kepada seluruh santri yang akan diwisuda dan dilepas. 


“Alhamdulillah ada 114 santri yang telah menyelesaikan pendidikan baik pada tingkat SMP maupun SMA dengan hafalan minimal 6 Juz sampai 18 Juz, bahkan santriwati Ghaitsaa Nibras Yaisy telah lulus menjadi hafidzah 30 Juz yang telah diuji publik satu tahun yang lalu. Teruslah belajar anak-anakku sampai ke jenjang yang lebih tinggi, jangan melupakan jati diri kalian sebagai seorang santri, perkuatlah skill kalian dengan selalu membaca qur’an, mengasah skill, bentuk karakter diri santri”,imbuhnya.


Drs. H.Sukmono selaku Ketua PCM Bumiayu memberikan apresiasi kepada seluruh stakeholder PPM MBS Bumiayu yang telah melakukan pencerahan, pendampingan dan pemberdayaan terhadap 114 santri selama 24 Jam yang pada hari ini akan diwisuda dan dilepas dan dikembalikan kepada orang tua mereka.


“Selamat dan sukses untuk para wisudawan yang telah menyelesaikan pendidikan dan selamat pula kami sampaikan kepada para wisudawan yang telah diterima di PTN dan PTS terbaik. Untuk para santri yang hari ini sudah selesai di jenjang SMP diharapkan terus melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya, yaitu SMA MBS Bumiayu. Terima Kasih kami sampaikan kepada semua Wali Santri yang telah mempercayakan anak-anaknya untuk belajar di PPM MBS Bumiayu sebagai salah satu wadah untuk mencipkan generasi yang mumpuni, religius, beradab, kuat, hebat, bermartabat ,” tegasnya.


Sementara itu, H. Jauhari Rachmat, S.Ag selaku Wakil Ketua PDM Brebes mengapresiasi kegiatan Haflah Akhirussanah yang sangat luar biasa.


“Momen pada hari ini adalah sebuah ukiran kisah dan sejarah yang menginspirasi dan menjadi kebanggaan bagi wali santri dan almamater tercinta. Selamat dan Sukses untuk kita semua, khususnya para santri, wali santri dan dewan asatidz yang memproduksi para calon pemimpin umat dengan segala keunggulan yang dimilikinya. Jadilah kader unggul persyarikatan yang mumpuni, religius, berkeadaban dan siap tanding. 114 Santri yang berada di hadapan kita semua adalah bukti bahwa PPM MBS Bumiayu sebagai salah satu Pesantren Muhammadiyah telah mampu melahirkan para santri telah berbagai skill yang multitalenta. Dengan demikian, bapak/ibu tentunya tidak akan ragu dan akan menjadi garda depan untuk mempromosikan hasil didikan MBS Bumiayu yang telah dirasakan oleh panjengan semua kepada sanak family dan masyarakat sekitarnya”, tuturnya.


Pada kesempatan yang sama, Edi Purwanto, M.Kes selaku Perwakilan Wali Santri mengucapkan terima kasih kepada stakeholder serta asatidz MBS Bumiayu yang telah mendidik para santri selama mereka belajar di Pondok Pesantren.


“Hari ini adalah momentum bersejarah bagi Wali Santri dan santri Kelas IX dan XII. Ilmu yang diperoleh selama ini akan bermanfa’at bagi wasan, masyarakat, serta menjadi bekal para santri untuk melanjutkan studi ke selanjutnya (tingkat SLTA maupun perguruan tinggi nantinya). Terima kasih atas segala bimbingan, pendampingan, pencerahan dan pemberdayaan yang tulus dari dewan asatidz yang tidak kenal lelah mengajari anak-anak kami selam 24 jam. Mohon maaf atas segala kekilafan dan kekurangan yang ada dan pernak dilakukan oleh anak-anak kami. Semoga pertemuan hari ini mendapat ridho daripada Allah SWT dan kiprah nyata dewan asatidz semua mendapat pahala yang setimpal dari Allah SWT”, tuturnya.


Acara Haflah Akhirussanah berlangsung meriah dengan adanya penampilan-penampilan berbakat dengan berbagai atraksi Tapak Suci, Hizbul Wathon, Panahan, Hadroh, tari Saman, Drama, Puisi, Menyanyi. Hadir pada acara tersebut, Wakil Ketua PDM Brebes, Ketua PCM Bumiayu, Ketua PRM Bumiayu, Ketua RT, Pendiri, Kepala SMP-SMA, dan seluruh dewan asatidz dan Wali Santri MBS Bumiayu (Tarqum Aziz JurnalisMu).

Iklan