Iklan

Iklan

,

Iklan

Lazismu Jabar Menggelar Rakorsus Jelang Hari Raya Kurban 1445 H

Redaksi
Sabtu, 11 Mei 2024, 15:19 WIB Last Updated 2024-05-11T08:19:32Z


BANDUNG --
Lazismu Provinsi Jawa Barat dalam rangka menyambut Idul Adha atau Hari Raya Qurban 1445 H mengundang perwakilan pimpinan daerah Muhammadiyah dan Lazismu daerah se-Jawa Barat dalam forum Rapat Koordinasi Khusus Qurban Program Qurban Lazismu 1445 H. 


Ibadah Qurban merupakan perintah Allah SWT yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW dengan syariat yang mengikat padanya. Sebagaimana dalam tafsir surah Al-Hajj disebutkan Seseorang yang berkurban berarti ia telah menumpahkan darah binatang untuk mendekatkan dirinya kepada Allah dan ingin mencari keridaan Allah. Allah memerintahkan kepada orang-orang yang berkurban itu agar mereka menyebut dan mengagungkan nama Allah waktu menyembelih binatang kurban itu, dan agar mereka mensyukuri nikmat Allah yang telah dilimpahkan kepada mereka.


"Bagi setiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban) agar mereka menyebut nama Allah atas binatang ternak yang dianugerahkan-Nya kepada mereka. Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa. Maka, berserahdirilah kepada-Nya. Sampaikanlah (Nabi Muhammad) kabar gembira kepada orang-orang yang rendah hati lagi taat (kepada Allah)" Q.S. Al-Ḥajj ayat 34.


Program ini difokuskan pada Qurban kemasan sebagai upaya mengentaskan problem ketahanan pangan serta ketersediaan pangan untuk siaga bencana. 


Program tersebut memang tengah gencar digaungkan mengingat program pemerintah mengatasi stunting dan terpenuhinya gizi pada masyarakat sasaran. 


Kegiatan Rakoorsus yang dilaksanakan di aula Mujahidin ini dihadiri hampir seluruh perwakilan lazismu daerah se-Jawa Barat. Pada event ini diberikan pula surat keterangan kepengurusan baru untuk 3 daerah yakni Kota Sukabumi, Kabupaten Pangandaran dan Indramayu.


Kegiatan dengan tema Membangun Rantai Qurban yang Kokoh ini menghadirkan bendahara umum pimpinan wilayah Muhammadiyah Jawa Timur juga demisioner Ketua Lazismu Jawa Timur, drh. Zainul Muslimin. Beliau merupakan sosok yang mempelopori pengemasan daging qurban menjadi prioritas program Lazismu dalam bakti untuk negeri. 


Ia memberikan semangat kepada pimpinan lazismu yang hadir dalam menghimpun dana fundraising, bukan sekadar mencapai target namun jauh melampaui itu, meraih Ridha Allah. 


Saling tolong menolong dan memudahkan urusan orang lain merupakan cerminan pribadi hamba yang penuh taqwa . Salah satu keutamaan menolong orang lain adalah akan dimudahkan dari kesusahan pada hari kiamat. Mari bersama Lazismu Jawa Barat raih pertolongan Allah kelak dengan menolong sesama. ***

Iklan