Iklan

Iklan

,

Iklan

Mubaligh Muhammadiyah Harus Kuasai Medan Dakwah Komunitas

Redaksi
Sabtu, 25 Mei 2024, 19:01 WIB Last Updated 2024-05-25T12:01:25Z


SEMARANG –
Lembaga Dakwah Komunitas (LDK) Pimpinan Pusat Muhammadiyah memberikan Bimbingan Teknis (BIMTEK) dai komunitas kepada 52 dai LDK Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) se-Jawa Tengah Sabtu-Ahad, 25-26 Mei 2024, di hotel Siliwangi Semarang.


Kegiatan yang diselenggarakan selama dua hari ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman terhadap audiens dakwah komunitas yang ada di wilayah Jawa Tengah dan strategi yang akan digunakan dalam penyelenggaraan agar dakwah berjalan maksimal.


Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Saad Ibrahim memberikan keynote speech sekaligus membuka acara. Kiai Saad menyampaikan agar para dai berusaha semaksimal mungkin dalam melaksanakan dakwah komunitas.


“Jadi jangan merasa LDK ini lembaga yang paling istimewa, tapi juga tidak boleh disepelekan. Dakwah komunitas ini harus dijalankan dengan sungguh-sungguh,” tuturnya.


Sementara itu ketua LDK PP Muhammadiyah Muchamad Arifin juga hadir untuk mendampingi sekaligus menyampaikan materi. Adapun Wakil sekretaris LDK PP Muhammadiyah, Tohirin bertindak sebagai Master of training Bimtek.


Beberapa materi yang menjadi target pemahaman peserta diantaranya materi internalisasi ideologi; Risalah Islam Berkemajuan yang akan disampaikan oleh Jumari Al Ngeluari.


Pada materi pertama ini para dai diajak berdiskusi untuk menganalisis problem umat dan solusinya berdasarkan cara pandang Risalah Islam Berkemajuan.


Materi kedua yaitu manhaj ibadah Ibadah sesuai Tuntunan Rasulullah, berbagai Perbedaan dan Cara Menyikapinya akan disampaikan oleh Karnadi Hasan, Majelis dikdasmen dan PNF PWM Jawa Tengah.


Adapun materi ketiga, yaitu konsep dan teknis dakwah; Fikih Dakwah dan Strategi Dakwah Komunitas: Konsep dan Langkah-langkah Teknis Pelaksanaannya yang akan disampaikan oleh Ketua LDK PP Muhammadiyah Muchamad Arifin.


Para dai yang menjalankan tugasnya juga dituntut untuk membuat laporan sebagai evaluasi atas pelaksanaan dakwahnya. Oleh karena itu pada bimtek kali ini juga diberikan materi Teknik dan Standar Pelaporan Dakwah Komunitas akan disampaikan oleh Kamarul Zaman, Wakil Bendahara LDK PP Muhammadiyah.


Dalam kegiatan ini peserta tidak hanya menerima materi dan berdiskusi namun juga melakukan praktik dakwah dan mengolah laporan kegiatan dakwahnya menjadi menarik dan efektif.


Oleh karena itu materi Praktek Pemanfaatan Media Digital untuk Membuat Laporan Dakwah dan Syiar Dakwah menjadi materi terakhir di hari kedua pelaksanaan bimtek dai komunitas LDK PWM Jawa Tengah ini, yang akan disampaikan oleh Ahmad Nur Muhaimin Sud, ketua divisi dakwah digital LDK PP Muhammadiyah.

Iklan