Iklan

Iklan

,

Iklan

Pelepasan Siswa Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta, Lulusannya Diharapkan Jadi Kader Bangsa!

Redaksi
Senin, 27 Mei 2024, 09:28 WIB Last Updated 2024-05-27T02:28:47Z


YOGYAKARTA –
Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyh Syamsul Anwar berharap kepada Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta untuk terus meningkatkan kualitas pendidikannya.


“Muhammadiyah punya harapan besar kepada Mu’allimin untuk kaderisasi di sekolah menengah,” kata Syamsul dalam Pelepasan Santri Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta pada Sabtu (25/5/2024) bertempat di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).


Syamsul juga menambahkan bahwa Persyarikatan Muhammadiyah sangat memerlukan tenaga para ulama sesuai dengan jati diri Muhammadiyah sebagai gerakan Islam amar makruf nahi mungkar yang berasaskan akidah Islam.


“Tahun 2040 diprediksi Indonesia akan menjadi negara besar. Kader Mu’allimin tidak hanya jadi kader Muhammadiyah, tapi juga harus jadi kader bangsa,” ungkapnya.


Sementara Direktur Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta Aly Aulia menerangkan bahwa Mu’allimin telah teruji dalam kawah candradimuka Muhammadiyah.


“Peran alumni akan memberikan kesan dan nama baik madrasah di mana saja untuk menebarkan kebaikan,” kata Aly Aulia, yang menambahkan lulusan tahun ini terbanyak dibandingkan tahun-tahun yakni sebelumnya yakni sebanyak 246 lulusan.


Pesan Muhadjir Effendy


Menteri Koordinator Pembangunan Bidang Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dalam Pidato Kebangsaannya saat Pelepasan Santri Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta pada Sabtu (25/5/2024) berpesan agar Mu’allimin memberikan bekal terbaik untuk kader persyarikatan Muhammadiyah selama masih berada di madrasah sebagai pribadi dan keluarga juga kepentingan umat.


Muhadjir juga menyampaikan, Mu’allimin memiliki sejarah panjang sebagai sekolah tertua di Indonesia dengan nama Kweekschool yang kemudian diubah namanya menjadi Mu’allimin.


“Orang tidak akan melihat bangunan sekolahnya, tapi orang akan melihat prestasi dan dedikasi lulusannya dalam kiprahnya memajukan negeri,” jelas Muhadjir di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).


Di depan lulusan Mu’allimin, Muhadjir berharap jangan ragu untuk melakukan terobosan dan pembaruan.


“Senantiasa berkembang dan berjalan melangkah ke depan untuk semakin baik, masa depan Muhammadiyah ada di tangan Anda,” tegasnya.


Bagi Muhadjir, alumni Mu’allimin punya beban yang berat sebagai kader yang harus menguasai ilmu agama dengan baik, juga ilmu umum yang mumpuni.


“Siapa yang mampu akan unggul dan yang tidak mampu akan tergusur,” tandasnya.

Iklan