Iklan

Iklan

,

Iklan

Pondok Pesantren Modern Darul Ulum Muhammadiyah Majenang Gelar Akhirussanah ke-19

Redaksi
Minggu, 26 Mei 2024, 07:49 WIB Last Updated 2024-05-26T00:49:21Z


CILACAP –
Pondok Pesantren Modern Darul ‘Ulum Muhammadiyah Majenang Cilacap menggelar acara Akhirussanah untuk santri kelas IX MTs dan Kelas XII MA di Halaman Masjid Birul Walidain Majenang, Kamis (23/05/2024). 


Acara Akhirussanah lulusan ke-19 tersebut meluluskan 100 santriwan dan santriwati yang terdiri 75 santri Tingkat MTs dan 25 Santri Tingkat MA. Para lulusan dari Pondok Pesantren Modern Darul ‘Ulum Muhammadiyah Majenang Cilacap diharapkan dapat menjadi penerus tongkat estafet perjuangan dakwah Islam melalu persyarikatan Muhammadiyah, ungkap Kiai Aly Syahbana, SE, MM selaku Mudir.


Kiai Aly Syahbana, SE, MM berharap agar kaum Muslimin, khususnya warga Persyarikatan Muhammadiyah untuk tidak ragu menitipkan putra/inya di dalam Pesantren Muhammadiyah.


“Pondok Pesantren Modern Darul ‘Ulum Muhammadiyah Majenang Cilacap adalah salah satu wadah untuk menggembleng kader-kader dan calon pemimpin bangsa agar menjadi kader yang unggul, mumpuni dan militant dalam meneruskan perjuangan dakwah berkemajuan persyarikatan Muhammadiyah”, imbuhnya.


Pada kesempatan yang sama, KH. Drs. Charhali selaku Wakil Ketua PCM Majenang memberikan apresiasi kepada seluruh stakeholder PontrenMu Darul Ulum Majenang yang telah melakukan pencerahan dan pemberdayaan terhadap 100 santri yang pada hari ini akan diwisuda dan dilepas dan dikembalikan kepada orang tua mereka.


“Selamat dan sukses untuk para wisudawan yang telah menyelesaikan pendidikan selama enam tahun di PontrenMu Darul Ulum Majenang. Selamat pula kami sampaikan kepada para wisudawan yang telah diterima di PTN dan PTS terbaik, dalam negeri maupun luar negeri. Momen pada hari ini sangat menginspirasi dan menjadi kebanggaan bagi orang tua wali santri dan almamater tercinta. PontrenMu Darul Ulum Majenang adalah kebanggan kita semua karena terbukti telah menjadi salah wadah calon kader persyarikan Muhammadiyah yang religius, unggul dan mumpuni yang selalu siap untuk menjalankan dakwah persyarikan di tengah-tengah masyarakat,” tegasnya.


Camat Majenang, Aji Pramono, S.STP., M.M menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh dewan asatidz PontrenMu Darul Ulum Majenang yang telah sukses menggelar acara Haflah Akhirussanah dan telah mengantarkan para santri tingkat SMA untuk menempuh pendidikan jenjang perguruan tinggi..


“Kami atas nama Pemerintah Kecamatan Majenang mengapresiasi kegiatan Haflah Akhirussanah yang digelar oleh Keluarga Besar PontrenMu Darul Ulum Majenang sekaligus merasa bangga pada hari ini bisa menyaksikan para calon pemimpin bangsa sebagai hasil didikan dan mendapat pencerahan selama enam tahun di PontrenMu Darul Ulum Majenang akan segera menajdi insan berkualitas yang siap tanding dan siap melanjutkan estafet perjuangan dakwah untuk umat, bangsa, agama dan persyarikan Muhammadiyah. Inilah hasil dakwah pencerahan dari Pesantren Muhammadiyah yang sesungguhnya dalam pembangunan dan penguatan karakter santri sebagai salah satu unsur sekaligus calon pemimpin masa depan,” ujarnya.


Sementara itu, kepada KH.Masykur Ikhsan, S.Ag, M.Pd selaku Perwakilan Wali mengucapkan terima kasih kepada Pihak Pondok Pesantren Modern Darul ‘Ulum Muhammadiyah Majenang Cilacap yang telah mendidik para santri selama enam tahun dengan suka dan duka.


“Terima kasih kepada seluruh asatidz Pondok Pesantren Modern Darul ‘Ulum Muhammadiyah Majenang Cilacap yang telah mendidik, membina, serta mengasuh anak-anaknya dalam 24 jam selama 3 maupun 6 tahun menimba ilmu di Pesantren. Selamat dan Sukses atas keberhasilan ananda semua yang telah menyelesaikan pendidikannya di Pesantren Darul Ulum. Salah satu kebanggaan kami adalah bahwa anak-anak kami sudah bisa diandalkan untuk menjadi imam shalat di masjid, guru ngaji TPQ, muadzin di tempat kami tinggal serta ada beberapa santri yang mampu meneruskan pendidikan di jenjang perguruan tinggi negeri maupun swasta, baik di dalam negeri maupun luar negeri ”, tutur Ketua PCM Majenang tersebut.


Pada akhir acara, Drs. Joko Santoso, M.Pd selaku Ketua Majelis Dikdasmen dan PNF PDM Cilacap yang didaulat sebagai Keynote Speaker pada acara tersebut mengungkapkan syukur Alhamdulillah bisa hadir di tengah-tengah Para Santri, Wali Santri, Ulama serta Dewan Asatidz Pondok Pesantren Modern Darul ‘Ulum Majenang Cilacap.


“Selamat dan Sukses bagi kita semua, khususnya para wali santri dan dewan asatidz karena Pondok Pesantren Modern Darul ‘Ulum Majenang Cilacap telah meluluskan para santri yang hebat dan luar biasa. Momentum pelepasan alumni ke-19 ini merupakan momen yang penting bagi kita semua, sebagai kesempatan untuk merefleksikan pencapaian hasil didikan PontrenMu Darul Ulum Majenang yang semakin memuaskan baik dari kuantitas maupun kualitas. Salah satu contohnya, adalah hadirnya santri yang hafidz qur’an dan berprestasi dalam bidang akademik maupun non Akademik. Hal inilah yang mengantarkan PontrenMu Darul Ulum Majenang mendapatkan penghargaan/Award: The Best Islamic Education Place for a Bright Future based on Islamic Boarding Schools”, tegasnya.


Acara ini terasa semakin penuh rasa haru dan bangga saat dibacakan nama-nama santri yang telah berhasil berprestasi dalam bidang akademik maupun non akademik. 


“Alhamdulillah pada hari ini para santri yang sekarang akan dilepas telah mengukir prestasi yang sangat luar biasa. Nilai terbaik tingkat MTs diraih oleh Ananda Queneisha Yumna Mahendra dan Aya Dyah Nurima Hafidz untuk jenjang MA. Sedangkan hafalan terbanyak untuk santri tingkat MTs diraih oleh Muhammad Bestiaruddin Yogyanif dan Queneisha Yumna Mahendra dengan hafalan 8 juz. Sementara hafalan terbanyak pada santri tingkat MA diraih oleh Rijal Kamal (21 Juz) dan Aya Dyah Nurima Hafidz (10 Juz)”, terang Ustadz Haryono, M.Pd selaku Wadir Tarbiyah.


Acara tersebut semakin meriah dan syahdu ketika berbagai atraksi dari santri PontrenMu Darul Ulum Majenang seperti seni bela diri Tapak Suci, tari Saman, pantomin, Pembacaan Puisi Islami, Hadroh, berbagai varian tari, drama, menyanyi pop dan pidato empat Bahasa (Indonesia, Arab, Inggris dan Sunda) turut menyemarakkannya.


Hadir pada acara tersebut, Camat Majenang, Kepala Desa Jenang, Ketua Majelis Dikdasmen & PNF PDM Cilacap, Ketua dan Wakil Ketua PCM-PCA Majenang, seluruh dewan asatidz dan Wali Santri  PontrenMu Darul Ulum Majenang. (Tarqum Aziz JurnalisMu).

Iklan