Iklan

Iklan

,

Iklan

RendangMu Lazismu Jabar, Kurban Kemasan untuk Daerah Kekurangan Pangan

Redaksi
Senin, 27 Mei 2024, 13:52 WIB Last Updated 2024-05-27T06:52:52Z


BANDUNG –
Ketua Departemen Marketing Lazismu Jawa Barat, Aan Sopiyan, mengumumkan bahwa Lazismu Jawa Barat telah melakukan inovasi dalam penyediaan layanan kurban dengan menghadirkan produk baru bernama RendangMu.


Inovasi ini dirancang untuk memperpanjang masa simpan daging kurban, sehingga dapat didistribusikan lebih luas dan merata hingga ke pelosok.


Aan menjelaskan bahwa kelebihan utama dari RendangMu adalah kemampuannya untuk bertahan lebih lama dibandingkan dengan daging kurban konvensional.


“Biasanya, daging hanya bertahan satu atau dua hari, paling lama seminggu. Namun, daging kurban dalam bentuk kemasan seperti RendangMu dapat bertahan hingga satu atau dua tahun,” ujar Aan dalam sebuah wawancara yang disiarkan melalui YouTube Lazismu Jabar pada Senin (27/05/2024).


Aan menegaskan bahwa untuk saat ini, daging kemasan yang disediakan berupa rendang dalam kemasan atau yang dikenal sebagai RendangMu. Selain untuk keperluan kurban, RendangMu juga sangat berguna untuk disalurkan kepada para korban bencana alam.


“Kita tidak pernah tahu kapan dan di mana bencana akan terjadi. Dengan adanya RendangMu yang tahan lama ini, tentu bisa menjadi opsi yang efektif dan efisien dalam penyaluran bantuan saat terjadi bencana atau kondisi darurat,” jelasnya.


Meskipun begitu, Lazismu Jawa Barat tetap menyediakan layanan pemotongan hewan kurban secara konvensional bagi masyarakat yang menginginkannya.


Lebih lanjut, Aan menjelaskan bahwa tim dari Lazismu Jawa Barat telah melakukan survei ke berbagai daerah di Jawa Barat yang mengalami kekurangan pangan. Daerah-daerah tersebut akan menjadi prioritas dalam distribusi daging kurban tahun ini.


“Kita akan mengirimkan daging ke daerah-daerah di Jawa Barat yang ketahanan pangannya rendah, standar gizi anak-anaknya kurang, dan jarang mengonsumsi daging. Daerah-daerah dengan angka kurban yang rendah juga akan menjadi sasaran kita,” tambah Aan.


Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut atau berniat berkurban melalui Lazismu Jawa Barat, dapat menghubungi nomor 0812-2472-3338 atas nama Riana.


Dorong Lazismu Jangkau Penerima Daging Kurban


Menjelang Idul Adha 1445 Hijriah yang akan jatuh pada Senin 17 Juni 2024, Lazismu Jawa Barat menyelenggarakan podcast bertema “Fikih Qurban.” Podcast ini ditayangkan di kanal YouTube Lazismu Jawa Barat pada Selasa (21/05/2024).


Dalam podcast ini, Wakil Ketua PWM Jabar Dr Ayi Yunus Rusyana MAg hadir sebagai narasumber. Ia juga merupakan dosen Program Studi Ekonomi Syariah di Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung.


Dengan lugas, Ayi menjelaskan berbagai aspek terkait ibadah penyembelihan kurban, mulai dari sejarah, ketentuan, hingga fikih kurban kemasan. Ayi memaparkan sejarah yang mendasari syariat ibadah kurban. “Syariat ini dimulai ketika Nabi Ibrahim mendapat mimpi berupa perintah menyembelih Nabi Ismail,” ujarnya.


Peristiwa tersebut menjadi dasar syariat menyembelih hewan kurban. “Ibadah ini sebagai bentuk upaya menelusuri sejarah syariat yang diturunkan kepada Nabi Ibrahim, selain sebagai usaha mendekatkan diri kepada Allah,” jelasnya.


Ayi menegaskan bahwa hukum kurban adalah sunah sehingga tidak ada paksaan bagi umat muslim. “Rasulullah pernah menyembelih seekor kambing dengan mengucapkan bismillah atas nama keluarganya dan umat Islam yang tidak mampu berkurban,” katanya. “Para ulama berpendapat bahwa kurban tidak dibebankan kepada setiap individu,” tambahnya.


Namun, kurban menjadi wajib jika seseorang bernazar untuk berkurban. “Jika seseorang bernazar, maka kurban menjadi wajib baginya, termasuk jika orang itu meninggal, kewajiban tersebut harus digantikan oleh ahli warisnya,” terangnya.


Hukum kurban kemasan


Ayi menjelaskan bahwa hukum kurban kemasan diperbolehkan dan tidak ada larangan. “Kurban kemasan dinilai sebagai inovasi untuk mendistribusikan daging kurban kepada orang-orang yang tempat tinggalnya jauh,” ujarnya.


“Ini untuk memastikan daging sampai dengan baik ke daerah yang jauh, baik di luar kota atau luar pulau. Jika diberikan dalam bentuk mentah, khawatir daging busuk di perjalanan, sehingga wajar jika diolah menjadi rendang atau kornet,” ucapnya.


“Dengan proses pengemasan, kita bisa lebih leluasa dalam mendistribusikan daging, menentukan kapan dan kepada siapa daging diberikan,” tegasnya.


Ayi menjelaskan bahwa hewan kurban harus sehat, gagah, jantan, dan memiliki bobot ideal agar dagingnya banyak. “Kalau bisa jantan, karena jika betina, dikhawatirkan akan mengganggu regenerasi,” ujarnya.


Daging kurban nantinya diberikan kepada orang fakir. Namun, Ayi mengingatkan bahwa orang fakir terbagi menjadi dua kategori. “Ketika ibadah kurban nanti, orang miskin ada dua kategori, yaitu yang berani meminta dan yang sungkan meminta,” jelasnya.


“Lazismu harus bisa mendeteksi siapa saja yang harus diberikan daging kurban, karena ada yang malu dan segan untuk mengambil jatah mereka, padahal mereka sangat membutuhkannya,” pungkasnya.***(MA/FA)

Iklan