Iklan

Iklan

,

Iklan

Pengajar di Pesantren Muhammadiyah Ikuti Pelatihan Pembelajaran Bermutu

Redaksi
Rabu, 12 Juni 2024, 14:47 WIB Last Updated 2024-06-12T07:47:18Z


YOGYAKARTA —
Lembaga Pengembangan Pesantren Pimpinan Pusat Muhammadiyah (LP2PPM) menyelenggarakan pelatihan untuk para pengajar di pesantren Muhammadiyah. Dengan mengangkat tema “Peningkatan Kompetensi Ustadz/Ustadzah Pesantren Muhammadiyah untuk Pembelajaran yang Bermutu”, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengajaran Buku Ajar Dirasah Islamiyyah.


Pelatihan tersebut berlangsung dari tanggal 6-9 Juni 2024 di Pesantren Darul Arqom Muhammadiyah Garut. Fokus pelatihan adalah penggunaan buku ajar Mata Pelajaran Akhlak dan Sirah Nabawiyyah kelas 7. Narasumber pelatihan ini adalah penulis buku dua mata pelajaran tersebut, yaitu Syamsul Huda untuk Mata Pelajaran Akhlak dan Imam Fauzi untuk Mata Pelajaran Sirah Nabawiyyah.


Acara ini diikuti oleh 30 ustadz/ustadzah Pesantren Muhammadiyah se-Jawa Barat yang mengampu kedua mata pelajaran tersebut. Pelatihan ini merupakan pelatihan kedua di Jawa Barat, setelah pelatihan pertama yang dilakukan di ‘Aisyiyah Boarding School Bandung pada 29-31 Desember 2024.


Selama kegiatan, peserta dilatih untuk mengenali karakter buku ajar yang disusun LP2PPM serta metode pembelajaran yang efektif bagi para santri PesantrenMu, khususnya bagi santri kelas 7 yang umumnya lulusan SD dan belum banyak mengenal buku berbahasa Arab.


Fitri Indah Kumala, peserta dari Pesantren Al-Furqon Muhammadiyah Singaparna, mengungkapkan rasa syukurnya.


“Awalnya, saya kurang percaya diri untuk mengikuti pelatihan ini, khawatir tidak dapat mengikuti secara maksimal. Tetapi setelah mengikuti pelatihan ini, saya bersyukur, ternyata saya bisa mengikuti acara ini dengan baik dan siap mengajarkan buku LP2 kepada santri kami.”


Acara ini juga dihadiri oleh Ketua LP2 PP Muhammadiyah Maskuri, Wakil Ketua PWM Jawa Barat yang membidangi Pesantren Dadang Syaripuddin, Ketua LP2 PWM Jawa Barat Agus Abdul Rahman, dan Mudir Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Garut Ahmad Syauqi.


Dalam sambutannya, Ketua LP2 menegaskan pentingnya fokus PesantrenMu pada peningkatan mutu. 


“Mutu PesantrenMu tidak akan baik jika mutu pembelajarannya tidak baik. Pelatihan ini ditujukan untuk meningkatkan mutu pengajaran di PesantrenMu,” ujarnya.


Sementara itu, Wakil Ketua PWM Jawa Barat menekankan perlunya PesantrenMu mengembangkan keunggulan masing-masing agar tetap bertahan di tengah persaingan yang kuat dalam pengembangan pesantren.


Sejak 2019, LP2 PP Muhammadiyah telah menerbitkan 42 buku ajar berbahasa Arab untuk Pesantren Muhammadiyah. Buku ajar tersebut mencakup mata pelajaran: al-Quran, Hadits, Aqidah, Akhlak, Fiqih/HPT, Sirah Nabawiyyah, dan Bahasa Arab yang diajarkan dari kelas 7 hingga kelas 12.***

Iklan

UMBandung