Iklan

Iklan

,

Iklan

BikersMu, Media Dakwah Muhammadiyah di Komunitas Touring Motor

Redaksi
Senin, 01 Juli 2024, 08:53 WIB Last Updated 2024-07-01T02:06:48Z


YOGYAKARTA —
Touring motor kini telah menjadi bagian dari budaya populer dan gaya hidup masyarakat yang menggemarinya. Beragam kelompok masyarakat mendirikan komunitas penggemar touring motor.


Di tengah euforia ini, BikersMu muncul sebagai respon terhadap fenomena ini. Berdakwah melalui komunitas touring motor menjadi alternatif dalam berdakwah.


“BikersMu adalah komunitas atau forum bikers warga Muhammadiyah secara keseluruhan tanpa memandang jenis motornya. BikersMu juga tidak memandang jenjang tingkatan jajaran kepengurusan Muhammadiyah, serta tidak memandang profesi apapun. Siapapun warga Muhammadiyah bisa bergabung ke BikersMu. Selama ini sudah ada komunitas yang digalang warga Muhammadiyah, sehingga sebenarnya BikersMu bukan fenomena baru,” ujar Ahmad Labib, salah satu penggiat BikersMu saat audiensi dengan Lembaga Pengembangan Olahraga (LPO) Pimpinan Pusat Muhammadiyah, pada Ahad (30/6/2024).


“BikersMu berusaha menjangkau sampai cabang dan ranting Muhammadiyah. Ada banyak warga Muhammadiyah yang sebelumnya telah bergabung dengan klub maupun solo rider. Kami ingin agar dengan adanya BikersMu menjadi solid silaturahmi dan dakwah,” tambah Labib.

 

Labib menyatakan cukup dengan adanya sepuluh orang warga Muhammadiyah yang gemar touring, bisa dibentuk chapter. Langkah awal BikersMu adalah penambahan anggota di semua chapter di kota dan kabupaten, serta dikoordinasikan dengan propinsi sampai pusat.


“Untuk itu kami berharap kepada semua warga Muhammadiyah untuk menyebarkan berita tentang BikersMu. Warga Muhammadiyah beserta keluarga yang gemar touring bisa hubungi kami di BikersMu,” ujar Labib.


Kala silaturahmi dengan LPO PP Muhammadiyah, penggiat BikersMu yang datang berasal dari berbagai kota, diantaranya Klaten, Purbalingga, Demak, Surabaya, Yogyakarta, Lampung, Jakarta dan sebagainya. Ketua LPO PP Muhammadiyah, Gatot Sugiarto menyambut baik silaturahmi BikersMu. 


“LPO Muhammadiyah sangat mendukung pengembangan berbagai komunitas olahraga di lingkungan Muhammadiyah. Sebagai komunitas berbasis hobi, BikersMu bisa menjadi media dakwah untuk komunitas,” ujar Gatot.


Selain audiensi dengan LPO, BikersMu juga mengadakan audiensi dengan Lembaga Dakwah Komunitas Pimpinan Pusat Muhammadiyah.***

Iklan

UMBandung