Iklan

Iklan

,

Iklan

Cara Tepat Majukan Sekolah Muhammadiyah

Redaksi
Kamis, 11 Juli 2024, 14:20 WIB Last Updated 2024-07-11T07:20:56Z


JAKARTA – 
Dorong peningkatan kualitas sekolah-sekolah Muhammadiyah, Ketua Majelis Dikdasmen PNF PP Muhammadiyah, Didik Suharyadi mereplikasi sekolah-sekolah Muhammadiyah unggulan di banyak tempat.


Pesan itu disampaikan Didik pada Selasa (9/7/2024) dalam agenda Pengayaan Guru MIPA Ruang InspirasiMu yang diselenggarakan oleh Forum Guru Muhammadiyah (FGM) yang bekerja sama dengan Majelis Dikdasmen PNF PP Muhammadiyah secara daring.


Langkah replikatif tersebut, menurut Didik diharapkan menjadi pemantik pemerataan sekolah-sekolah unggulan Muhammadiyah di banyak tempat, tidak hanya di perkotaan, tapi juga sampai ke daerah yang sulit dijangkau.


“Kita berharap kita segera bisa mencapai sekolah madrasah Muhammadiyah unggul yang kita idamkan selama ini,” kata Didik.

 

Di sisi lain, Didik juga berharap supaya FGM terus bersinergi dengan Majelis Dikdasmen PNF dari pusat sampai daerah, sehingga bisa membantu menghasilkan peserta didik unggulan dan terbaik dalam mencapai cita-citanya, serta meningkatkan kualitas sekolah-sekolah Muhammadiyah.


Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Majelis Dikdasmen PNF PP Muhammadiyah, M. Khoirul Huda menyampaikan komitmen Muhammadiyah sejak awal adalah untuk pendidikan yang holistik – integratif, di mana tidak hanya mengajarkan agama saja, tapi juga pendidikan umum.


Melalui pendidikan Al Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab (ISMUBA), kata Khoriul, yang awalnya sebagai pembeda atau pengkhasan sekolah Muhammadiyah dengan yang lain, tapi pada perkembangannya ISMUBA ini juga harus hidup nilai dan kurikulumnya.


“Yang kita siapkan juga sekolah-sekolah Muhammadiyah ini runing dalam bidang yang lain, khususnya olimpiade sains, matematika, dan olimpiade yang lain-lain,” katanya.


Di internal Muhammadiyah saat ini sudah memiliki Olimpiade Ahmad Dahlan (OlimpicAD) sebagai ajang perlombaan untuk segala bidang yang diikuti oleh peserta didik antar sekolah-sekolah Muhammadiyah. Diharapkan ini menjadi sarana untuk melahirkan bibit-bibit unggulan yang mengharumkan Muhammadiyah di pentas yang lebih besar.***

Iklan

UMBandung