Iklan

UMBandung

Iklan

UMBandung
,

Iklan

Ketua LPP PWM Jateng: Pengasuh Ponpes Sentral Figur yang Menjadi Ruh Santri dan Asatidz

Redaksi
Selasa, 19 September 2023, 12:13 WIB Last Updated 2023-09-19T05:13:28Z


PURBALINGGA
-- Ketua LPP PWM Jawa Tengah KH. M. Irzal Fadholi didampingi anggota lembaga beserta Lazismu UMS hadir di pesantren Darussalam Slingga Purbalingga guna memberikan semangat dan pendampingan pengelolaan pesantren yang baik, Ahad (17/9/2023). 


Kehadiran rombongan diterima langsung mudir PPMTQ dan Kepala MA PPMTQ Darussalam di kantor pesantren. 


Pondok Pesantren Modern Tahfidzul Quran (PPMTQ) Darussalam Slinga Purbalingga adalah pesantren Muhammadiyah yang berada di desa Slinga kecamatan Kaligondang Purbalingga yang dibangun dan didirikan oleh PCM Slinga karena kegelisahan kader muballigh dan ulama di wilayah tersebut.


Ketua Lembaga Pengembangan Pesantren PWM Jateng, KH. M. Irzal Fadholi menyampaikan program lembaga dan fungsi pesantren serta bagaimana mengelola pesantren supaya sehat dan baik. 


“Pesantren itu beda dengan sekolah atau Boarding, karena pesantren harus itu hidup 24 jam dan harus ada Sentral Figur yang menjadi ruh para santri dan para asatidz, maka kyai/ mudir/ pengasuh harus berada di dalam lingkungan pesantren.” Ungkap sang ketua LPP yang juga alumni Pesantren Modern Darussalam Gontor.


“Mengelola pesantren bukan hanya sekedar menyiapkan sarana dan pra saran santri, tapi mudir atau pengasuh harus merawat dan mengasuh santri selama 24 jam,” lanjut Kyai Irzal Fadholi.


Alhamdulillah pesantren PPTQ Darusslaam Slinga ini sudah memiliki izin Operasional Pesantren yang terbaru sehingga tinggal memaksimalkan pengelolaannya dengan baik. Sambil diskusi para pengurus PPMTQ menyampaikan bebeapa problematika dalam pengelolaan santri dan masyarakat.


Dalam kesempatan tersebut juga Lazismu UMS ikut membantu pembangunan kelas yang membutuhkan dana 1,2 M dengan ikut kontribusi 25 juta untuk pembangunan. Pertemuan tersebut diakhiri dengan serah terima bantuan dari Lazismu UMS dan photo bersama di depan gedung asrama santri.***(Tarqum Aziz)

Iklan