Iklan

Iklan

,

Iklan

UMBandung

Prodi KPI UM Bandung Berkunjung ke Ayobandung.com, Belajar Langsung Jurnalisme Online!

Redaksi
Kamis, 14 September 2023, 12:46 WIB Last Updated 2023-09-14T05:52:47Z


BANDUNG
- Mereka yang menguasai informasi akan menguasai dunia. Begitulah ungkapan falsafah lama dalam menegaskan bagaimana peran jurnalis sebagai salah satu profesi yang strategis. 


Profesi ini tentu memiliki tugas yang berat dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Baik dengan tujuan untuk mengabarkan, menghibur, atau bahkan membentuk opini masyarakat.


Ketertarikan mahasiswa terhadap dunia jurnalistik dengan segala perkembangannya terlihat pula pada antusias Mahasiswa program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Universitas Muhammadiyah Bandung saat melaksanakan Media Visit ke Kantor redaksi Ayobandung.com. 


Kegiatan ini diikuti oleh 10 Perwakilan mahasiswa semester 3 dan 5 yang didampingi oleh Dosen dan Ketua Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Universitas Muhammadiyah Bandung pada hari Selasa, 12 September 2023 kemarin.


Selain mendapatkan ilmu melalui pemaparan, diskusi, dan sharing dengan jajaran tim Ayobandung.com, mahasiswa KPI UMBandung juga mendapatkan kesempatan untuk mengamati dan memahami secara langsung bagaimana cara kerja media dalam memproduksi sebuah berita. 


Mulai dari proses pengumpulan data, penulisan berita, editing naskah berita, hingga publikasi berita.  


Pak Adi Ginanjar Maulana, Pemimpin Redaksi Ayobandung.com mengatakan bahwa dalam menulis, kita harus menentukan terlebih dahulu siapa target pembaca dan apa yang ingin dibaca oleh target tersebut. 


"Hal seperti itu bisa kita lihat melalui website yang berisi kata kunci yang sering digunakan para pengguna internet, salah satunya melalui google search", ungkapnya. 


Tidak hanya itu, Pak Adi Ginanjar juga tanpa segan menceritakan bagaimana pengalaman suka duka beliau selama berprofesi sebagai seorang Pers, beliau juga membagikan ilmunya secara gamblang terkait penyajian berita di era modern masa kini.


Kegiatan Media Visit ini juga berlanjut pada rencana penandatanganan kontrak MoU kerjasama antara Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam Universitas Muhammadiyah Bandung dengan Ayobandung.com 


Kegiatan media visit ini bertujuan untuk memperkaya ilmu mahasiswa dalam praktik jurnalistik media cetak dan media digital, yang juga menjadi salah satu konsentrasi ilmu dari tiga bidang penjurusan ilmu dalam Prodi Komunikasi Penyiaran Islam Universitas Muhammadiyah Bandung yakni Broadcasting, Public Speaking, dan Jurnalistik. 


Setelah sebelumnya dilaksanakan pula kegiatan media visit dan kerjasama dengan CNN Biro Jabar untuk konsentrasi bidang ilmu broadcasting di Prodi KPI UMBandung. 


Dengan adanya media visit ini, diharapkan mahasiswa dapat mengikuti perkembangan teknologi terkait kepenulisan berita di era baru media saat ini, dan semakin semangat untuk menulis, khususnya menulis dan memproduksi berita. ***(Anggi Restian Zahra)

Iklan