KH. Saad Ibrahim: Ini 3 Komitmen Gerakan Kesemestaan Muhammadiyah

Notification

×

Iklan

Iklan

KH. Saad Ibrahim: Ini 3 Komitmen Gerakan Kesemestaan Muhammadiyah

Senin, 13 November 2023 | 18:53 WIB Last Updated 2023-11-13T11:53:13Z


PADANG
– Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Saad Ibrahim meresmikan Muhammadiyah Boarding School (MBS) SMP Muhammadiyah 5 Padang dan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Auditorium SMK Muhammadiyah 1 Padang.


Terkait dengan kegiatan ini, Kiai Saad berpesan supaya muri dan santri di lembaga pendidikan Muhammadiyah memiliki kemauan untuk hijrah menuntut ilmu, tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di luar negeri, kemudian mengembangkan sayap dakwah Islam sebagai rahmat untuk semesta.


Kiai Saad menekankan tentang pentingnya kemauan dan orientasi global untuk peserta didik di lembaga pendidikan Muhammadiyah. Mengutip Yusuf Qardhawi, Kiai Saad menyebut bahwa manusia tanpa kemauan bukanlah apa-apa. Manusia muslim harus memiliki kehendak atau kemauan yang baik dan besar.


“Manusia dianggap bukan apa-apa kecuali memiliki kemauan. Termasuk tinggi atau rendahnya seseorang ditentukan oleh besar atau kecilnya kemanuaannya,” katanya pada pada Jumat (10/11/2023) di Padang, Sumtera Barat.


“Pengajaran demikian dapat dipraktekkan dalam mengurus Muhammadiyah, yaitu diawali dengan keinginan yang baik dan juga besar, supaya Muhammadiyah bisa berbuat dan mengaktualisasikan kehendaknya,” imbuhnya.


Kehendak atau kemauan tersebut, menurutnya yang juga dimiliki oleh Persyarikatan Muhammadiyah. Dimilikinya kendendak yang baik dan besar, menjadikan Muhammadiyah sebagai organisasi pelopor dalam pendidikan modern, bahkan kepeloporan itu berlanjut di bidang perguruan tinggi – mendirikan perguruan tinggi Indonesia pertama di luar negeri.


Gerakan dakwah kesemestaan ini, imbuh Saad, menjadi tema Milad ke-111 Muhammadiyah yaitu “Ikhtiar Menyelamatkan Semesta”. Muhammadiyah tidak ingin terjebak dalam lokalitas, dan perdebatan sektarian yang mendikotomi gerakan. Muhammadiyah ingin menyelamatkan semesta dan gerakan menjaganya.


Ikhtiar Muhammadiyah Selamatkan Bangsa dan Semesta


Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Saad Ibrahim sampaikan tiga komitmen Muhammadiyah menyelamatkan bangsa dan semesta.


Di hadapan ribuan jemaah yang memadati Masjid Nurul Iman Kota Padang, KH Saad Ibrahim menyebut, Muhammadiyah sebagai gerakan Islam Berkemajuan bertanggung jawab untuk menyelamatkan semesta.


Ikhtiar menyelamatkan semesta dilakukan dengan cara yang pertama, mengembangkan pendidikan yang berkualitas. Pendidikan merupakan kunci untuk membangun bangsa yang maju dan bermartabat.


Muhammadiyah memiliki komitmen untuk mengembangkan pendidikan yang berkualitas, mulai dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi.


Kedua, meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Muhammadiyah juga berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama masyarakat yang kurang mampu. 


Hal ini dilakukan melalui berbagai program dan kegiatan, antara lain: pemberdayaan ekonomi, kesehatan, dan sosial.


Dan yang ketiga memelihara kerukunan dan kedamaian semesta. Muhammadiyah juga berkomitmen untuk memelihara kerukunan dan kedamaian di tengah masyarakat yang majemuk.


“Menjaga kerukunan antar umat beragama sangat penting dalam merawat persatuan dan kesatuan bangsa. Banyak upaya yang dilakukan Muhammadiyah, mulai dari dialog antar umat beragama, penguatan nilai-nilai toleransi, dan penegakan hukum yang berkeadilan,” terang Saad Ibrahim.


Saad Ibrahim juga mengingatkan kepada seluruh warga Muhammadiyah untuk terus bersemangat dalam berdakwah dan berkarya untuk kemajuan bangsa. Kiai Saad menekankan, segala Amal Usaha Muhammadiyah diselenggarakan untuk semua. ***(MHMD)